LAPORAN ANALISIS PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN AGROSISTEM
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANG
ANALISIS PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN AGROSISTEM
(NIA BAKERY)
MARDATILLAH ARDI
08320180145
PROGRAM
STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS
MUSLIM INDONESIA
MAKASSAR
2021
HALAMAN PENGESAHAN
1.
Mata
Kuliah :
Analisis Perancangan Dan Pengembangan
…………………………….. ……. Agrosistem (NIA
BAKERY)
2. Idenitas
Mahasiswa
a.
Nama lengkap dan stambuk : 1.Mardatillah Ardi (08320180145)
b.
Fakultas/Jurusan : Pertanian/Agribisnis
c.
PerguruanTinggi : Universitas Muslim indonesia
d. Lokasi Praktik Lapang : Ancol timur no 2, jln Rappang,kabupaten Pinrang,Sulawesi
Selatan ,Indonesia
Pinrang, April 2021 |
Disetujui Oleh,
Koordinator
Praktik Lapang Asisten
Praktik Lapang
Dr. Ir. St. Rahbiah Busaeri, MS Ira
Pasira, S.p
Mengetahui,
Ketua Program Studi Agribisnis
Universitas Muslim Indonesia,
Ir. Rasmeidah
Rasyid P.,M.M
KATA
PENGANTAR
AssalamuAlaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh.
Puji
syukur kita panjatkan kepadaAllah SWT yang telah memberikan rahmat dan
karunianya sehingga penulis menyelesaikan laporan praktik kerja lapang mata
kuliah Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem ini.Praktik kerja
lapang ini merupakan salah satu persyaratan yang wajib ditempuh laporan praktik
kerja lapang ini disusun sebagai pelengkap kerja praktik yang telah
dilaksanakan.
Ucapan
terima kasih dihaturkan kepada :
1.
Dr. Ir. St. Rahbiah Busaeri, MS selaku dosen
koirdinator mata kuliah atas arahan yang diberikan sehigga kami dapat melakukan
praktik mata kuliah Analisis
Perancangan dan Pengembangan Agrosistem.
2.
Dr. Ir. Nurliani, MS selaku dosen mata kuliah atas
ilmu yang diberikan berkenaan dengan mata kuliah Analisis Perancangan dan
Pengembangan Agrosistem sehingga membantu kami dalam menyusun laporan ini.
3.
Ira Pasira, SP selaku asisten praktik kerja lapang
atas bimbingannya selama praktik kerja lapang hingga penyusunan laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun
teknik penyajiannya, Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat
penulis harapkan.
WallahuWaliyyutTaufiqWalhidayah.
Pinrang, April 2021
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ ii
KATA PENGANTAR.................................................................................... iii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL........................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vi
I. PENDAHULUAN......................................................................................... 8
1.1.
Latar Belakang....................................................................................... 8
1.2.
Sasaran Aspek Belajar.......................................................................... 10
1.3.
Kegunaan Praktik KerjaLapang........................................................... 11
II. TINJAUAN PUSTAKA............................................................................. . 13
2.1. Usaha (sesuai yang
diteliti).................................................................. 13
2.2.
Investasi Usaha..................................................................................... 14
2.3.
Faktor Produksi.................................................................................... 15
2.4.
Biaya Produksi...................................................................................... 17
2.5.
Produksi dan Pendapatan...................................................................... 18
III. METODE PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA
LAPANG................. 20
3.1. Pendekatan Kasus Agrosistem....................................................... 20
3.2. Lokasi Dan Waktu Pelaksanaan..................................................... 20
3.3. Penentuan Posisi Penilaian............................................................ 21
3.4. Jenis dan Sumber Data .................................................................. 21
3.5. Metode Analisis ............................................................................ 22
IV. DESKRIPSI AGROSISTEM KASUS......................................................... 28
4.1.
Visi Dan Misi Agrosistem Kasus............................................................... 28
4.2.
Sejarah Singkat Agrosistem
Kasus............................................................ 28
4.3.
Identifikasi Sumberdaya.......................................................................... 29
4.3.1. Sumberdaya Lahan dan Bangunan................................................ 29
4.3.2. Sumberdaya Peralatan..................................................................... 31
4.3.3. Sumberdaya Manusia...................................................................... 35
4.3.4. Sumberdaya Finansial..................................................................... 37
4.4. Analisis Kinerja Usaha ............................................................................ 38
4.4.1. Kinerja Proses.................................................................................. 39
4.4.2. Kinerja Hasil.................................................................................... 43
4.5. Peta Kinerja Agrosistem Kasus................................................................ 49
V. PROBLEMATISASI.................................................................................... 51
5.1. Analisis Masalah Pengembangan Agrosistem.......................................... 51
5.1.1.
Identifikasi Masalah....................................................................... 51
5.1.2.
Penentuan Masalah Utama............................................................. 55
5.1.3.
Struktur Pohon Masalah................................................................. 56
5.2. Analisis Sasaran Pengembangan Agrosistem........................................... 56
5.2.1.Penetapan Sasaran........................................................................... 57
5.2.2. Penentuan Sasaran Utama.............................................................. 58
5.2.3.
Struktur Pohon Sasaran.................................................................. 58
VI. DESAIN TINDAKAN................................................................................ 60
6.1. Analisis Alternatif Tindakan Pengembangan
Agrosistem........................ 60
6.1.1.
Alternatif Tindakan........................................................................ 60
6.1.2.
Analisis Keputusan......................................................................... 63
6.1.3.
Tindakan Terpilih........................................................................... 66
6.2. Matriks Perencanaan Dan Pengembangan Agrosistem............................ 66
6.3.
Rencana Tindakan..................................................................................... 70
VII.
REFLEKSI .................................................................................................... 71
7.1.
Aspek Pengentahuan................................................................................... 75
7.2.
Aspek Keterampilan.................................................................................... 76
7.3.
Aspek Sikap................................................................................................ 77
LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Tabel
Teks Halaman
1......... Sumberdaya Lahan dan Bangunan Usaha Roti NIA BAKERY...40.
2......... Penyusutan Alat Pada Usaha Roti NIA BAKERY.................................. 40
3......... Sumber Daya Manusia Usaha Roti NIA BAKERY.................................. 46
4......... Sumberdaya Finansial Usaha Roti NIA BAKERY................................... 48
5......... Biaya
Investasi Usaha Roti NIA BAKERY.............................................. 50
6......... Biaya
Tetap Usaha Roti NIA BAKERY................................................... 50
7......... Biaya
Variabel tetap Usaha Roti NIA BAKERY...................................... 55
8 Analisis
Produksi dan Pendapatan Usaha Roti NIA BAKERY Tiap
Bulan ......................................................................................................... 55
9......... Identifikasi Masalah yang Dihadapi oleh Usaha Roti NIA BAKERY... 60
10....... Daftar Fakta, Masalah dan Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY ..................
11....... Analisis Keputusan Usaha Roti NIA BAKERY....................................... 65
12....... Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY.........
13....... Analisis Keputusan Usaha
Usaha Roti NIA BAKERY...........................
64
14 Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY.........
15 Analisis Keputusan Usaha Roti NIA BAKERY....................................... 65
16....... Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY.......
66
17....... Matriks Perancangan dan
Pengembangan Usaha Roti NIA BAKERY...
67
18 Matriks Tindakan Usaha Roti NIA BAKERY.........................................
68
19....... Rencana Kerja Tindakan Pengembangan Agrosistem di Usaha Roti NIA BAKERY
69
DAFTAR GAMBAR
Gambar
Teks Halaman
1.
Sketsa Bangunan (layout) Usaha Roti NIA BAKERY............................ 30
2.
Struktur
Organisasi Usaha Roti NIA BAKERY......................................
36
3.
Proses
Produksi Pabrik Usaha Roti NIA BAKERY.................................
41
4.
Proses
Pemasaran Usaha Roti NIA BAKERY ........................................ 42
5.
Proses
Pemasaran Usaha Roti NIA BAKERY.........................................
43
6.
Peta
kinerja agrosistem pada Usaha Roti NIA BAKERY........................
49
7.
Struktur
Pohon Masalah Usaha Roti NIA BAKERY...............................
56
8.
Struktur Pohon Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY............................... 59
9.
Struktur
Pohon Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY................................
62
10.
Proses
wawancara terhadap pemilik Usaha Roti NIA BAKERY............
75
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia adalah negara agraris
yang memiliki potensi besar dalam keanekaragaman sumberdaya alam yang bisa
memberikan keuntungan baik secara finansial maupun dalam menjaga keharmonisan
alam. Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat pentingdalam pembangunan
perekonomian di indonesia (sigit, 2008).
Membangun pertanian hendaknya
tidak diartikan hanya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan perkebunan
saja, akan tetapi harus meliputi semua kegiatan usaha dalam meningkatkan
kesejahteraan, derajat dan martabat kaum tani indonesia. Salah satu kegiatan
usaha yang juga diperlukan mendapatkan perhatian dalam hal ini adalah pembuatan
Roti .Pertimbangan untuk pembuatan roti ini selain menguntungkan, juga memberikan
dampak positif dalam hal penyerapan tenaga kerja.
Pertumbuhan sektor pertanian
menunjukkan penyerapan tenaga kerja sebesar 37,83 % (43,03 juta orang), dengan
total angkatan kerja 113,74 juta orang dan jumlah pengangguran terbuka yang
dapat ditekan sebesar 8,14 % (9,26 juta orang). Adanya agroindustri pembuatan
roti mempunyai peranan penting
dalam memajukan pertanian, karena dapat mensupply kebutuhan pangan dan meningkatkan
perekonomian dalam sektor pertanian.Oleh karena itu, perhatian dari pemerintah sangat
dibutuhkan dalam pengembangan usaha ini. Pengembangan produk unggulan
agroindustri memerlukan upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing.Untuk itu
diperlukan manajemen pengelolaan profesional pada seluruh komponen sistem mulai
dari pengelolahan, transportasi atau distribusi dan pemasaran.Karena perbatasan
sumberdaya yang dimiliki, maka diperlukan adanya skala prioritas dalam
pengembangan agroindustri sehingga diperoleh hasil yang optimum dari setiap
penggunaan sumberdaya.
NIA
BAKERY merupakan salah satu
industri lokal yang bergerak dalam bidang pembuatan
Roti dan juga bagian dari
persaingan yang sedang terjadi di dunia bisnis, NIA
BAKERY terletak di ancol timur no 2 di kab.PINRANG..
ROTI yang diproduksi perusahaan ini berbagai jenis roti,brownis dan cake yang
bahan bakunya dibeli dari toko bahan kue dari pinrang dan makassar, produk yang telah
diolah kemudian dipasarkan di beberapah kios-kios
seperti kota
pinrang,bone,enrekang,sidrap,kota parepare dan beberapa daerah di Sulawesi Selatan,. NIA
BAKERY mempunyai beberapa masalah
antara lain ketahanan produk tdk biasa tahan lama,tenaga
kerja kurang produktivitas ,luas ruang produksi kurang luas, dll.
1.2. Sasaran
Belajar
Sasaran
belajar yang ingin dicapai dalam Praktik kerja lapang (PKL) ini yaitu :
a) Aspek
Pengetahuan
1. Untuk
mengetahui sistem–sistem manajemen yang ada di UKM di NIA BAKERY
2. Untuk
mengetahui cara memasarkan dan memproduksi Di UKM NIA BAKERY
b) Aspek Keterampilan
1. Terampil
dalam membuat ROTI di NIA BAKERY Serta
alat–alat
yang ada di UKM NIA BAKERY
2. Terampil
dalam memasarkan produk Roti
c.
Aspek Etika
1. Menghargai setiap masukan yang di berikan
oleh pimpinan UKM. NIA BAKERY
2. Serta saling menghargai dengan
pegawai yang lain.
1.3 Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Kegitan
Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di NIA BAKERY,Ancol timur no.2, Jl.Rappang, kab.Pinrang Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret – 12 April 2021.
1.4 Penentuan Posisi
Penilaian
Pada praktik kerja lapang ini, kami bertindak
sebagai pengamat karena kami mengamati proses produksi dan mengerjakan sendiri
dari proses bahan baku sampai kegiatan pemasaran dari produk NIA BAKERY
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Usaha Roti
Roti tentu sudah banyak
yang tahu dengan jenis produk Roti satu ini.Roti dibuat
dari tepung,dan bahan” lainya. Dengan bahan dasar
tepung terigu ,margarin gula dan pernifan yang di olah menjadi berbagai produk roti . Permintaan pasar akan roti ini pun cukup tinggi, karena memang roti biasa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai
jenis makanan atau camilan. Kebutuhan akan Roti yang banyak ini membuat peluang usaha Roti yang layak untuk dicoba.
Produk roti ini bisa dijadikan sebagai usaha dengan
prospek keuntungan yang menarik.Target pasar pada usaha roti cukup tinggi, hampir semua
kalangan masyarakat membutuhkan tepung sagu. Proses pembuatan
roti ini pun sangat mudah dan
simple, sehingga siapa saja bisa mencobanya asalkan mengetahui teknik pembuatan
roti dengan baik.Dalam
menjalankan usaha roti ini maka membutuhkan modal yang cukup besar, sebab
dalam mengolah roti ini memerlukan peralatan yang memadai dan berkapasitas
besar supaya kegiatan produksi bisa berjalan secara maksimal.Bahan baku roti dapat diperoleh dari toko-toko
dan swalayan bahan kue .
2.1
Biaya
Biaya Menurut Mulyadi: “Biaya adalah pengorbanan
sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau
kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.”. Dari definisi ini,
ada empat unsur pokok dalam biaya, yaitu:
1) Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
2) Diukur dalam satuan uang
3) Yang telah terjadi atau kemungkinan akan
terjadi
4) Pengorbanan tersebut untuk memperoleh
manfaat saat ini dan/atau mendatang Dengan demikian, biaya adalah pengorbanan
sumber ekonomis yang diukur dengan satuan uang, untuk memperoleh barang atau
jasa yang diharapkan memberikan manfaat saat ini maupun akan datang.
Pengorbanan sumber ekonomis tersebut bisa merupakan biaya historis dan biaya
masa yang akan datang. Sedangkan dalam arti sempit biaya dapat diartikan
sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva atau secara tidak
langsung untuk memperoleh penghasilan, disebut dengan harga pokok
2.1.1
Analisis Biaya
Untuk menghitung total biaya produksi dapat
dihitung dengan menggunakan rumus TC = TVC + TFC.
Keterangan :
TC = Total Biaya
TVC = Total Biaya Variabel (dalam rupiah)
TFC =
Total Biaya Tetap (dalam rupiah) (Sumber : Suratiyah 2008, h.38)
2.1.2
Pendapatan
Pendapatan dapat diartikan arus masuk aktiva
dan atau penyelesaian kewajiban dan penyerahan atau produksi barang, pemberian
jasa, dan aktivitas pencarian laba lainnya yang merupakan operasi yang utama
atau besar yang berkesinambungan selama suatu periode.Pendapatan yang
dihasilkan dapat terjadi setiap saat dan dapat juga terjadi pada waktu tertentu
secara berkala (Johan 2011, h.61).
Pendapatan
pada prinsipnya mempunyai sifat menambah atau menaikkan harta atau menurunkan
kewajiban perusahaa, tetapi tidak semua yang menambah atau menaikkan
harta/kekayaan perusahaan dapat dikategorikan pendapatan seperti halnya
penilaian kembali aktiva tetapi meningkatkan harta perusahaan sehingga
menimbulkan perkiraan baru yaitu perkiraan penyusaian modal. Pendapatan juga
meliputi semua sumber ekonomi yang diterima perusahaan, dari transaksi penjualan
barang atau jasa kepada pihak lain seperti pertukaran aktiva bunga atau
sebagainya (Firdaus 2008, h.35)
2.1.3 Pendapatan Usaha
Pendapatan
menurut Ibrahim (2008, h.62), dalam pengertian ilmu ekonomi adalah hasil berupa
uang atau material lainnya, yang dicapai dari penggunaan kekayaan atau
jasa-jasa manusia bebas. Pendapatan adalah “arus masuk atau peningkatan lainnya
atas aktiva sebuah entitas atau penyelesaian kewajiban (atau kombinasi dari
keduanya) selama satu periode dari pengiriman atau produksi barang, penyediaan
jasa atau 8 aktivitas lain yang merupakan operasi utama atau sentral entitas
yang sedang berlangsung” (Umar 2009, h.41).
Dalam
konteks akutansi, kata “Income diartikan sebagai penghasilan dan kata revenue
sebagai pendapatan, penghasilan (income) meliputi baik pendapatan (revenue)
maupun keuntungan (gain)”. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari
aktivitas perusahaan yang terkenal dengan sebutan berbeda seperti penjualan,
penghasilan jasa (fees), bunga, deviden, royalti dan sewa. Definisi tersebut
memberi pengertian yang berbeda dimana income memberikan pengertian pendapatan
yang lebih luas, income meliputi pendapatan yang berasal dari kegiatan operasi
normal perusahaan maupun yang berasal dari luar operasi normal.Sedangkan
revenue merupakan penghasilan dari penjualan produk, barang dagangan, jasa dan
perolehan dari setiap transaksi yang terjadi.
Menurut
Suratiyah (2008, h.39), pendapatan dihitung melalui pengurangan antara
penerimaan dengan total biaya untuk satu kali proses produksi, dihitung dengan
rumus :
Pendapatan
: TR = P.Q
Keterangan
:
TR =
Penerimaan Total (dalam rupiah)
P = Harga Jual Per unit (dalam rupiah)
Q = Jumlah Produksi (unit)
2.3 Tinjauan Ekonomi produk roti
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam
rangka mengembangkan agroindustri roti adalah memutuskan dan menyerahkan pengembangan dan pembinaan komoditas roti pada salah satu dinas teknis. Ini akan
menuntun pemerintah melalui dinas terkait untuk lebih serius melakukan langkah
operasional dalam pengembangan baik dari sisi peningkatan produksi agar bahan
baku industri tersedia secara kontinu (Disperta/Perkebunan), pengolahan dan 11
pemasaran (Disperindag), teknologi (BPTP), maupun kelembagaan (KIPP) (Pangloli
dan Royaningsih 2006, h.39).
Pengembangan agroindustri roti sebaiknya diprioritaskan untuk mendorong perkembangan agroindustri kecil
dan menengah di pekampongan.Karena
subsistem pengolahan merupakan kelanjutan dari subsistem produksi maka bisa
berperan sebagai bagian dari pendekatan permintaan.Teknologi yang kurang
diadopsi memerlukan rekayasa ulang untuk menciptakan teknologi yang prosedur
kerjanya lebih mudah dan murah. Kapasitas olah perlu disesuaikan dengan
kemampuan ketersediaan bahan baku namun tetap dengan pertimbangan ekonomis.
Agar
kegiatan agroindustri roti ini bisa berkembang dipasar yang dapat memenuhi permintaan pasar
lokal maupun ekspor. Pada tahap awal, pembentukan kerjasama ini perlu
difasilitasi oleh pemerintah terutama dalam pembangunan infrastruktur, akses
terhadap permodalan, pembinaan kewirausahaan dan promosi pasar (Johan 2011,
h.39)
2.2.2
Proses Pembuatan Roti
Pada dasarnya, roti dibuat dari tepung terigu , margarin Tahapan proses pembuatan roti secara umum meliputi: penyediaan alat dan bahan
,penimbangan bahan yang akan di olah,pengadukan menggunakan mixer,menimbang adonan 50 gram ,menyusun adonan yang
sudah ditimbang di talanan besi ,mengisi adonan dengan coklat. Dibiarkankan
sampai mengembang, setelah mengembang dipanggang di oven ,setelah itu dikemas.
Ditinjau
dari cara dan alat yang digunakan, pembuatan roti yang dilakukan di daerah-daerah pembuatan roti di Indonesia saat ini dapat dikelompokkan
atas cara modern dan traditional, semi-mekanis dan mekanis (Kindangen dan Malia 2006, h.51)
a.
Pembuatan
Roti secara Tradisional Pada umumnya cara ini
banyak dijumpai di Maluku, Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Pembuatan roti secara tradisional umumnya diusahakan oleh
penduduk setempat, dan digunakan sebagai makanan pokok seharihari (Kindangen dan Malia
2003, h.52).
b.
Pembuatan
Roti secara Semi-mekanis
Pembuatan roti secara semi-mekanis pada prinsipnya sama dengan cara tradisional dan modern
c.
Pembuatan
roti secara Mekanis
Pada pembuatan roti
secara mekanis ini, urut-urutan prosesnya sama dengan cara semi-mekanis. Akan
tetapi, pembuatan roti dengan cara mekanis ini dilakukan melalui
suatu sistem yang lanjutan , d
d.
Ciri-ciri
dan Sifat roti merupakan salah satu sumber kalori; dan juga mengandung beberapa
komponen lain, seperti mineral fosfor. Jumlah kalori dan kandungan kimia dari
setiap 100 gram roti . Komponen yang paling dominan dalam tepung sagu adalah
pati. Pati adalah karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk persediaan
bahan makanan. Pati ini berupa butiran atau granula yang berwarna putih
mengkilat, tidak berbau, dan tidak mempunyai rasa. Granula pati mempunyai
bentuk dan ukuran yang beraneka ragam sesuai dengan sumbernya. Pati sagu
berbentuk elips lonjong, dan berukuran relatif lebih besar dari pati serealia
(Pangloli dan Royaningsih 2008, h.47).
e. Pemanfaatan roti Bagi sebagian masyarakat
Indonesia seperti penduduk di Papua dan Maluku, dan sebagian Sulawesi seperti
Kendari dan Luwu/Palopo,
2.2 Faktor Produksi
Produksi adalah
suatu kegiatan yang
dapat menciptakan gunabaikwaktu, bentukmaupuntempat dalam rangka
memenuhi
kebutuhan manusia.Produksi
tersebut dapat berupa barang
ataupun jasa tetapi Produksi
diartikan juga sebagai
suatu kegiatan mengubah
sumber-sumber
ke dalam
produk atau proses mengubah input menjadi output (Nugroho
dan Setiadi, 2008).
Faktor produksi
adalah
segala sesuatu
yang digunakan untukmenghasilkanbarang
danjasa dalam rangka
menambah
manfaat suatu barang
atau jasa.Faktor produksi terdiri atas faktor produksi
asli dan faktor produksi turunan. Faktor produksi
asli meliputi faktor
produksi alam
dan faktor produksi tenagakerja. Faktor
produksi turunan meliputi faktor
produksi modal faktor produksi
pengusaha
(Harahap Sofyan,
2008).
Dalam
perekonomian faktor-faktor
produksi dapat dibedakan menjadi kepadaempat
jenis berikut tanahkekayaan
alam, tenagakerja, modal dan Entrepreneur.
1. Tanah dan
kekayaan
alam
Tanah dan
kekayaan alam merupakan unsur pokokyang digunakan untuk menghasilkan
barang.Tanah mempunyai dua fungsiyang penting
dalam kegiatan memproduksi. Fungsinya
yang pertama adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ekonomi.Jalan, bangunan kantor,pertokoan dan lokasi pabrik memerlukan sebidang tanah untuk dikembangkan.
2. Tenagakerja
Sumberdaya manusia sangat diperlukan dalam berproduksi.
Secanggih apa
pun mesinnya,pasti memerlukan tenaga kerja manusia
untuk
menjalankannya (Sadono Sukirno, 2004).
3. Modal
Operasi sistemproduksi membutuhkan modal.
Dalam ekonomi manajeral,berbagai macam fasilitas peralatan, mesin mesin produksi, bangunan
pabrik,
gudang,dan lain-lain, dianggap sebagai
modal.Biasanya dalam
periode jangka
pendek, modal klasifikasikan sebagai input
tetap.
4. Entrepreneur
Seorang
entrepreneur adalah seorang yang
menciptakan
bisnisbaru,yang
dengan siapa kan menghadapi risiko dan
ketidakpastian yang bertujuanuntukmencapaikeuntungan melaluipengidentifikasianpeluang-peluang
melalui kombinasi sumber
daya diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya
(Vincent, 2005).
. 2.3. Faktor Produksi
Produksi
adalah suatu kegiatan yang
dapat menciptakan guna baik waktu, bentuk maupun tempat dalam rangka
memenuhi
kebutuhan manusia.Produksi tersebut dapat berupa barang
ataupun jasa tetapi Produksi
diartikan juga sebagai
suatu kegiatan mengubah sumber-sumber ke dalam produk atau proses mengubah
input menjadi output (Nugroho
dan Setiadi, 2008).
Faktor
produksi adalah segala
sesuatu yang
digunakan untuk menghasilkan barang danjasa dalam rangka menambah
manfaat suatu barang
atau jasa.Faktor produksi terdiri atas faktor
produksi asli dan
faktor produksi turunan.Faktor produksi asli
meliputi faktor produksi alam dan faktor produksi tenaga kerja.
Faktor produksi turunan meliputi
faktor produksi modal faktor produksi pengusaha (Harahap Sofyan,
2008).
Dalam
perekonomian faktor-faktor
produksi dapat dibedakan menjadi kepadaempat
jenis berikut tanah kekayaan alam,
tenaga kerja,
modal dan Entrepreneur.
1. Tanah
dan kekayaan
alam
Tanah
dan
kekayaan alam merupakan unsur pokokyang digunakan untuk menghasilkan
barang.Tanah mempunyai dua fungsi yang penting dalam kegiatan memproduksi .Fungsinya yang
pertama adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan
ekonomi.Jalan, bangunan kantor,pertokoan dan lokasi pabrik memerlukan sebidang tanah untuk dikembangkan.
2. Tenagakerja
Sumber daya manusia sangat diperlukan dalam
berproduksi. Secanggih apa pun mesinnya,pasti memerlukan
tenaga kerjamanusia
untuk
menjalankannya (Sadono Sukirno, 2004).
3. Modal
Operasi system produksi
membutuhkan modal.
Dalam ekonomi manajeral,berbagaima cam fasilitas peralatan, mesin mesin produksi, bangunan
pabrik,
gudang,dan lain-lain, dianggap sebagai modal.Biasanya dalam
periode jangka
pendek, modal klasifikasikan sebagai input
tetap.
4. Entrepreneur
Seorang
entrepreneur adalah seorang yang
menciptakan
bisnis baru, yang dengan siapa kanmenghadapirisikodan ketidakpastianyang
bertujuan untuk mencapai keuntungan melalui pengidentifi kasian peluang-peluang melalui kombinasi
sumber daya diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya
(Vincent, 2005).
2.4. Biaya
Produksi
Definisi biaya
produksi dan beberapa konsep biaya produksi. Biaya produksi dapat didefinisikan
sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mem peroleh input produksi (faktor-faktor
produksi) yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan produksi untuk
memproduksi produksi produk yang akan ditawarkan ke pasar. Pada dasarnya terdapat
dua konsep biaya produksi, yaitu: a) biaya produksi implisit dan b) biaya
produksi eksplisit. Biaya produksi implisit merupakan biaya produksi yang tidak
terlihat dalam laporan keuangan, sedangkan biaya produksi eksplisit merupakan
biaya produksi yang terlihat dalam laporan keuangan.Contoh dari biaya produksi
implisit adalah biaya kesempatan, sedangkan contoh dari biaya produksi
eksplisit adalah biaya akuntansi, dan biaya ekonomi (Ari Darmawan. 2012).
Berdasarkan
metode pembebanan biayanya,Kuswadi (2005) mengklasifikasikan jenis-jenis biaya kedalam biaya langsung dan
biaya tidak
langsung,yaitu:
1. BiayaLangsung(directcost)
Biaya langsung adalah biaya yang langsung dibebankan
pada objek
atau
produk, misalnya bahan baku
langsung, upah tenaga kerja yang terlibat langsungdalam proses produksi,
biayaiklan,
ongkos
angkut, dan sebagainya.
2. BiayaTidakLangsung(indirect
cost)
Biaya tidak langsung adalah biayayangsulit atau tidak
dapat dibebankan secara langsung dengan
unit produksi, misalnya gaji pimpinan, gaji mandor,
biaya iklan
untuk lebih dari satu macam produk,dan sebagainya.Biaya tidak langsungdisebut
juga biayaoverhead.
Sementara Kuswadi (2005)
juga menggolongkan biaya berdasarkan pola perilaku
biaya yaitu:
1. BiayaTetap(fixed
cost)
Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap
atau
tidak berubah
dalam
rentang waktu tertentu, berapapun besarnya penjualan atau
produksi perusahaan
2. BiayaVariabel (variablecost)
Biaya variabel adalah
biaya yang dalam rentang waktu dan sampai batas-batas tertentu
jumlahnya berubah-ubah secara proporsional
3. BiayaSemi
Variabel
Biaya semi variabel adalah biaya yang sulit digolongkan kedalam
kedua jenis
biaya di atas (tidak termasuk kedalam
biayatetap atau biayavariabel).
BAB III. METODE PRAKTIK KERJA LAPANG
3.1 Pendekatan
Kasus Agrosistem
3.1.1
Penentuan Mitra Belajar
Dalam
melakukan pemilihan agrosistem kasus dilakukan secara purposive, hal ini
dikarenakan agrosistem yang dijadikan sebagai objek sasaran sebagai sumber
informasi yang sesuai dengan tujuan dari penelitian dan sumber informasi
tersebut sesuai dengan kriteria dari keinginan peneliti.
Karena
usaha NIA BAKERY merupakan
suatu usaha yang memproduksi tepung dan baha lainya menjadi roti dan dalam proses produksinya pun dalam
jumlah yang banyak dan memiliki mitra yang cukup banyak dalam memasarkan produknya. Sehingga,
peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian pada usaha NIA BAKERY tersebut.
3.1.2 Metode Pendekatan Partisipatif
Metode
pelaksanaan dilakukan dengan cara
wawancara mendalam (in deep interview)
dan melakukan observasi langsung pada usaha NIA BAKERY Mahasiswa juga ikut
serta dalam mengamati proses produksi pembuatan tahu secara langsung dilokasi
penelitian.
3.2 Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Lokasi
praktik lapang ini dilaksanakan di
ancol
timur,jln poros
pinrang-rappang,kabupaten Pinrang
3.3 Penentuan Posisi Penilaian
Pada
praktik kerja lapang ini, kami bertindak sebagai pengamat karena kami mengamati
proses produksi dan mengerjakan sendiri dari proses bahan baku sampai kegiatan
pemasaran dari produk NIA BAKERY.
3.4. Jenis
dan Sumber Data
Jenis dan sumber data penelitian merupakan faktor
yang penting yang menjadi pertimbangan yang menentukan metode pengumpulan data.Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data yang
diambil dari responden pemilik dan karyawan dari usaha umkm di NIA BAKERY Kecamatan tiroang, kabupaten Pinrang,
Sulawesi-Selatan.
Adapun jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu
jenis data primer yang merupakan sumber data penelitian yang
diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara).Data
primer secara khusus dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan
penelitian.Dalam penelitian ini data diambil berdasarkan kuesioner yang
diwawancarakan langsung kepada responden pemilik dari NIA BAKERY Kebupaten
Pinrang, Sulawesi-Selatan.
3.5. Metode
Analisis
3.5.1 Analisis Kinerja Proses
Dalam
kegiatan proses produksi roti
untuk
mencapai target perusahaan, maka diperlukan kinerja yang sesuai dengan
potensinya. Seperti sumberdaya manusia, maka tenaga kerja/ karyawan haruslah
memiliki potensi dalam membuat roti
sumberdaya lahan dan bangunan, maka lokasinya harus ditempatkan pada situasi
yang tidak dapat mengganggu aktivitas masyarakat sosial. Sumberdaya peralatan,
maka peralatannya harus sesaui dengan kebutuhan saat proses produksi. Terakhir
sumberdaya finansial, maka dibutuhkan modal yang cukup besar untuk dapat
mencapai target, maka pemilik perusahaan harus mengeluarkan modal yang sesuai
dengan target pasar.
3.5.2 Analisis Kinerja Hasil
Sebuah agrosistem tidak pernah lepas dengan
suatu analisis kinerja yang dapat menjadi pengarah pengarah perusahaan itu
sendiri. Analisis kinerja adalah suatu proses yang ada dalam lingkup perusahaan
dan diluarnya serta hubungannya dengan proses yang lainnya. Analisis kinerja
biasanya digunakan untuk melihat kondisi dari agrosistem atau perusahaan serta
yang diperoleh dari agrosistem itu. Analisis kinerja terdiri atas proses
pengadaan bahan baku, proses produksi, proses pemasaran serta pengendalian
dampak lingkungan (Iyandri, 2009).
Suatu agrosistem akan berkembang jika memiliki kinerja yang
terstruktur, oleh karena itu agrosistem manapun akan selalu lebih memperhatikan
dan mengutamakan kinerja serta mencarikan solusi dari sistem kinerja yang
berjalan lancar..Bbjh
1). Analisis Produksi dan
Pendapatan
(Sukirno,2006). Rahardja
dan Manurung (2001) mengemukakan pendapatan adalah total penerimaan
(uang
dan bukan uang) seseorang atau suatu rumah tangga dalam periode
tertentu. Berdasarkan kedua definisi
tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendapatan merupakan penghasilan yang diterima oleh masyarakat berdasarkan kinerjanya, baik pendapatan uang maupun bukanuang selama periode tertentu ,baik harian,mingguan, bulanan
maupun tahunan.
Untuk menghitung total biaya produksi dapat
dihitung dengan menggunakan rumus
TC = TVC + TFC.
Keterangan : TC = Total Biaya
TVC =
Total Biaya Variabel (dalam rupiah)
TFC =
Total Biaya Tetap (dalam rupiah). (Sumber
: Suratiyah 2008, h.38)
Mankiw (2011)
menyebutkan bahwa
pendapatan dirumuskan sebagai hasil perkalian antara jumlah unit yang terjual dengan harga per
unit. Apabila dirumuskan secarama tematis maka hasilnya adalah:
TR = P xQ
Dimana:
TR
=total revenue
P
=price
Q =quantity.
2). Analisis Kelayakan Usaha
Suatu jenis usaha dalam hal ini akan dinilai apakah pantas atau layak
dilaksanakan didasarkan kepada beberapa kriteria tertentu yang ada. Layak
bagi suatu usaha artinya menguntungkan dari berbagai aspek.Analisis
kelayakan usaha agribinis adalah upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan atau
kepantasan untuk dikerjakan dari suatu jenis usaha, dengan melihat beberapa
parameter atau kriteria kelayakan tertentu. Dengan demikian suatu usaha
dikatakan layak kalau keuntungan yang diperoleh dapat menutup seluruh biaya
yang dikeluarkan, baik biaya yang langsung maupun yang tidak langsung.
Kelayakan
merupakan kata kunci yang harus dipegang oleh para pengelola lembaga keuangan
dan merupakan kriteria yang paling pokok dalam membiayai suatu jenis
usaha. Jadi, jangan sampai terjadi suatu pembiayaan diluncurkan tanpa ada
analisis kelayakan. Maka dari itu, jika suatu usaha tidak layak, khususnya
ditinjau dan segi ekonomi tetapi tetap dibiayai, maka resiko yang akan timbul
adalah kemacetan usaha akibat dari kerugian. Bila modal usaha merupakan
pinjaman dari suatu lembaga keuangan, maka akan terjadi kemacetan atau
tunggakan pengembalian.
Pada usaha skala kecil (mikro) disarankan
paling tidak menggunakan BEP dan R/C ratio atau B/C ratio sebagai alat analisis
kelayakan agribisnis.
1. Titik
Pulang Pokok (Break Event Point/BEP)
BEP
adalah situasi dimana suatu usaha tidak mendapatkan keuntungan tetapi juga
tidak menderita kerugian usaha. Ditinjau dari sisi pengelola, situasi BEP
bukan berarti merugi secara keuangan, hanya saja dari segi waktu mereka rugi karena
waktu selama produsi (usaha) tidak memperoleh pendapatan lebih sebagai
keuntungan usaha.
Ada
2 (dua) pendekatan penetapan BEP, yaitu :
a. BEP Unit
Yaitu
jumlah produksi (unit) yang dihasilkan dimana produsen pada posisi tidak rugi
dan tidak untung. Dengan kata lain BEP satuan menjelaskan jumlah produksi
minimal yang harus dihasilkan oleh produsen.
b. BEP Harga
Yaitu
tingkat atau besarnya harga per unit suatu produk yang dihasilkan produsen pada
posisi tidak untung dan tidak rugi. Dengan kata lain BEP harga
menjelaskan besarnya harga minimal perunit barang yang ditetapkan
produsen. Dari pengertian ini maka besaran BEP harga besaran nilainya
sama dengan besaran HPP.
2. R/C Ratio
R/C
ratio adalah besaran nilai yang
menunjukan perbandingan antara Penerimaan
usaha (Revenue = R) dengan Total Biaya (Cost =
C). Dalam batasan besaran nilai R/C dapat diketahui apakah suatu usaha
menguntungkan atau tidak menguntungkan. Secara garis besar dapat
dimengerti bahwa suatu usaha akan mendapatkan keuntungan apabila penerimaan
lebih besar dibandingkan dengan biaya usaha.
Ada
3 (tiga) kemungkinan yang diperoleh dari perbandingan antara Penerimaan (R)
dengan Biaya (C), yaitu : R/C = 1; R/C > 1 dan R/C < 1.
Namun
demikian oleh karena adanya unsur keuntungan sebesar 0,3 maka analisis
kelayakan dari R/C ratio adalah :
a. R/C
> 1,3 = Layak / Untung
b. R/C
= 1,3 = BEP
c. R/C
< 1,3 = Tidak Layak / Rugi.
3. B/C
Ratio
B/C
ratio adalah besaran nilai yang
menunjukan perbandingan antara Laba Bersih (Benefit =
B) dengan Total Biaya (Cost = C). Dalam batasan besaran
nilai B/C dapat diketahui apakah suatu usaha menguntungkan atau tidak
menguntungkan.
Oleh
karena adanya unsur keuntungan sebesar 0,3 maka analisis kelayakan dari B/C
ratio adalah :
a. B/C
> 0,3 = Layak / Untung
b. B/C
= 0,3 = BEP
c. B/C
< 0,3 = Tidak Layak / Rugi.
4. Payback Period
Payback
period adalah kemampuan suatu perusahaan didalam mengembalikan semua
modal/investasi yang ditanam.Payback Period dinyatakan dalam satuan waktu,
misal bulan atau tahun.Payback period digunakan sebagai salah satu pertimbangan
yang melengkapi dalam menganalisis kelayakan suatu usaha, karena dari payback
period dapat diketahui jangka waktu pengembalian seluruh modal investasi.
Semakin pendek waktu pengembalian maka semakin layak suatu usaha, hal ini
berarti pula karena semakin besar laba bersih yang diperoleh perusahaan.
.
BAB IV. DESKRIPSI AGROSISTEM
4.1 Visi dan Misi Agrosistem Kasus
Menurut Wibisono, 2006.
Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah
organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat
dikatakan bahwa Visi merupakan pernytaaan want to be dari organisasi atau
perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sngat krusial bagi perusahaan untuk
menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi
terdapat juga nilai-nilai aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan.
Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam
produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi,
kelompok masyarakat yang dilayani, nilai nilai yang diperoleh serta aspirasi
dan cita-cita masa depan.
Visi adalah suatu
pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus
dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dimasa yang akan dating. Visi
itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangakn detail gambaran
system yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit
diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang
hendaknya dipenuhi leh suatu pernyataan visi, yaitu:
Adapun visi dan misi NIA
BAKERY : “Visi NIA
BAKERY dalam menjalankan kegiatan
pemasaran produk roti adalah Mewujudkan ROTI yang lebih unggul dan Berkualitas”. Adapun “Misi NIA
BAKERY adalah Memasyarakatkan
gaya hidup sehat NIA BAKERY melalui kemitraan usaha
mandiri”.
4.2
Sejarah Singkat Agrosistem Kasus
Usaha NIA BAKERY di dirikan pada di
tahun 2010
di Ancol;,Pinrang, usaha ini merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner, yang
membuat berbagai macam roti yang siap dipasarkan. Usaha
ini telah banyak mensupply toko / kios” dan bekerja sama dengan para pedagang di beberapa
daerah. Sehingga permintaan setiap minggunya juga terbilang banyak.
Awalnya pemilik perusahaan dari NIA BAKERY melihat betapa besarnya peluang
dari bisnis roti karena permintaan pasarnya juga semakin tinggi
dan . ide bisnis itu mulai muncul. Owner dari NIA BAKERY mengambil peluang bisnis tersebut
NIA BAKERY memiliki tujuan membantu masyarakat
menjadi unit-unit usaha yang berkemampuan untuk melaksanakan transaksi bisnis
di tingkat global, memberi bantuan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas,
mengembangkan dan memperlancar teknologi pengolahan yang dekat dengan sumber
bahan dasar yang menghasilkan beberapa produk bernilai tambah dan bertindak
sebagai penengah yang adil dalam rantai perdagangan antar petani dan pembeli.
Nia Bakery didirikan oleh ibu hj andi rabania . Beliau lahir di
Ancol pada tanggal 23 april 1979. Pada tahun 2011 ia mendirikan sebuah
usaha bernama NIA BAKERY yaitu sebuah usaha Pembuatan roti berskala kecil. Beliau merupakan lulusan smk
pinrang
Beliau Beliau mempunyai seorang suami dan 2 orang anak yang tidak
pernah berhenti memberikan semangat untuk beliau. Perjalanan hj andi rabania,
dalam membangun usahanya tak luput dari pasang surut, namun berkat
dukungan keluarga usaha yang ia rintis dapat bertahan hingga saat ini.
4.3 Identifikasi Sumberdaya
4.3.1
Sumberdaya
Lahan dan Bangunan
Sumber daya lahan dan
bangunan merupakan sumber daya yang wajib ada dalam sebuah usaha.Sumber daya
ini sangat penting diperlukan karena disinilah tempat berlangsungnya semua
kegiatan dalam sebuah agrosistem.Selain itu sumber daya lahan dan bangunan juga
merupakan harga tetap yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan.
Salah satu sumber daya
yang paling penting dalam mendirikan sebuah unit usaha yaitu lahan dan
bangunan.Karena suatu unit usaha dapat berdiri ketika sudah memiliki
lokasi/tempat yang digunakan untuk membangun suatu usaha.
Tanah sebagai sumberdaya lahan merupakan
sumberdaya yang sangat penting artinya bagi pelaksanaan suatu bentuk
usahatani.Tanah yang fungsinya jamak adalah unsur dan tumpuan harapan utama
bagi kelangsungan hidup umat manusia.Tidak satupun segi kehidupan manusia yang
dapat terlepas dari keberadaan tanah, baik secara langsung maupun tidak
langsung (Hernanto, 1989).
Lahan yang dimiliki oleh NIA BAKERY merupakan lahan sendiri
yang dibangun pada tahun 2000
dengan luas lahan 20 x 20 m yang berdiri di Ancol jln rappang ,kabupaten pinrang .
Berikut
ini sumberdaya lahan dan bangunan yang dimiliki Usaha Pembuatan Roti NIA BAKERY :
Tabel 1. Sumberdaya Lahan dan
Bangunan pabrik ROTI NIA BAKERY
No. |
Sumber Daya |
Luas Lahan (m2) |
Status Kepemilikan Lahan |
Nilai (Rp) |
|
Sewa |
Milik |
||||
1 |
Lahan |
200 |
|
. |
97.000.000 |
2 |
Bangunan: Tempat produksi |
200 |
|
. |
100.000.000 |
|
Total |
|
|
|
197.000.000 |
Sumber : Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan
pada tabel diatas lahan yang digunakan
sebagai tempat produksi adalah lahan milik pribadi, Dengan luas lahan (10 x 20m2) yang dibeli
seharga Rp 97.000.000. Modal yang digunakan untuk membangun tempat produksi
yaitu Rp.100.000.000, Sehingga total pengeluaran untuk sumberdaya lahan dan
bangunan yang dikeluarkan NIA BAKERY yaitu Rp 197.000.000.
1 2 5 4 3
Keterangan ;
1.
Ruang Penyimpanan Bahan baku baik berbentuk basah dan kering.
2.
Gudang 2 yang merupakan gudang pertama
penyimpanan bahan baku dengan jumlah yang banyak.
3.
Tempat proses pembuatan roti.
4.
Tempat proses pengemasan pada roti nia
bakery
5.
Tempat atau gudang penyimpanan roti
yang sudah diolah sebelum didistribusikan.
4.3.2 Sumberdaya Peralatan
Peralatan adalah segala keperluan
yang digunakan manusia untuk mengubah alam sekitarnya, termasuk dirinya sendiri
dan orang lain dengan menciptakan alat-alat sebagai sarana dan prasarana. Oleh
karena itu, peralatan merupakan hasil dari teknologi yang digunakan untuk membuat sesuatu, memakai dan
memeliharanya untuk menopang kebutuhan hidup manusia tersebut.
Sumberdaya peralatan merupakan
segala sesuatu yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperlancar kegiatan
dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Keberhasilan perusahaan ditentukan
oleh keseluruhan komponen yang berkaitan dengan keberadaan
perusahaan baik yang mempunyai kedudukan di dalam
perusahaan maupun diluar perusahaan. Faktor yang berkaitan langsung dengan
keberhasilan perusahaan adalah tenaga kerja, sarana dan peralatan serta faktor
manajemen yang dapat mendorong ukmanya produktivitas usaha.
Setiap peralatan yang digunakan
pasti akan mengalami penyusutan sepanjang tahun dan nilainya akan berkurang
sesuai dengan umur alat tersebut. Menghitung nilai penyusutan dapat dilakukan
dengan menggunakan metode garis lurus, yaitu besarnya nilai penyusutan sama
dengan nilai atau harga barang dikali dengan persentase penyusutan (amortisasi),
sedangkan persentase penyusutan (amortisasi) dapat dihitung dengan
membagi 100% dengan perkiraan masa produktif suatu barang.Untuk menghitung
penyusutan alat untuk setiap tahunnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus
penyusutan alat, dengan rumus sebagai berikut:
Keterangan
:
NPA :
Nilai Penyusutan Alat (Rp/Tahun)
NB: :
Nilai Baru (Rp) adalah nilai alat saat pertama dibeli
NS: :
Nilai Sekarang (Rp) adalah nilai sisa alat setelah dipakai.
LP :
Lama Pemakaian (Tahun)
Umur teknis dan
penyusutan alat yang diamati pada praktik kerja lapang (PKL) dapat dilihat pada
Tabel 2.
Tabel
2. Umur Teknis dan Nilai Penyusutan AlatUsaha
Pembuatan Tepung Sagu
No. |
Jenis |
Jumlah (Unit) |
Nilai
Baru (Rp) |
Nilai Sekarang
(Rp) |
Lama
Pemakaian (Tahun) |
Nilai
Penyusutan (Rp/Thn) |
1. |
Mesin pengaduk |
1 |
10.000.000 |
7.500.000 |
10 |
2.500.000 |
2. |
Oven
gas |
2 |
9.000.000 |
5000.000 |
10 |
4000.000 |
3 4 5. |
Talangan Timbangan Rak
besi |
30 1 3 |
100.000 5.000.000 4000000 |
50.000 3000.000 3500000 |
10 5 5 |
50.000 4.250.000 500000 |
Total |
|
|
11.300.000 |
Sumber,Data
Primer Setelah Diolah, 2021
Berdasarkan
Tabel diatas nilai penyusutan mesin pengaduk yaitu 2.500.000, penyusutan pada
oven gas yaitu sebesar 4000.000,
sedangkan talangan mengalami penyusutan sebesar 50.000 dan alat timbangan
mengalami penyusutan alat sebesar 4.250.0000, rak besi mengalami penyusutan
500000 Sehingga total penyusutan alat di NIA BAKERY sebesar 11.300.000
Adapun peralatan-peralatan yang
digunakan yang dalam pembuatan roti yaitu :
1. Timbangan Digital
Digunakan untuk
menimbang berat atau massa pada produk agar sesuai dengan takarannya.
2.
Oven
gas
3.
Mixer/pengaduk
4.3.3 Sumberdaya
Manusia
Secara singkat sumberdaya manusia sebagai tenaga
kerja.Menurut Marwansyah 2010, manajemen sumberdaya manusia dapat diartikan
sebagai pendayagunaan sumberdaya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan
melalui fungsi-fungsi perencanaan sumberdaya manusia, rekrutmen dan seleksi,
pengembangan sumberdaya manusia, perencanaan dan pengembangan karir, pemberian
kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja dan hubungan
industrial.
Sumberdaya manusia yang diamati pada
praktik kerja lapang (PKL) dapat dilihat sebagai berikut :
Karyawan 1.
Halijah 2.
Ana 3.
Dalle Pemasaran Ahmad fady
ubaid Manajer produksi Muhammad
Aidil fitrah CEO Hj. Andi
Rabania
Gambar 9.Struktur
Organisasi Nia Bakery
Sumberdaya manusia yang digunakan oleh
pabrik Roti Nia Bakery adalah tenaga kerja
keluarga dan luar keluarga, ada 3 orang karyawan.1 orang dibagian
produksi dan 1 orang di bagian pemasaran.
Tabel 3.Sumber
Daya Manusia NIA BAKERY
No. |
Nama |
Umur (thn) |
Pendidikan Terakhir |
Jabatan |
Lama Bekerja (tahun) |
Gaji Per Bulan (Rp) |
1. |
Hj andi rabania |
42 |
SMA |
Pimpinan |
13 |
- |
2. |
Muhammad
aidil fitrah |
18 |
SMA |
Manager Produksi |
3 |
- |
3. |
Ahmad Fadly
ubaid |
16 |
SMA |
Manager pemasaran |
3 |
- |
4 5. 6. |
Halijah Ana Dalle |
49 35 30 |
SMA SMA SMA |
Produksi Produksi Produksi |
8 8 8 |
800.000 800.000 800.000 |
Sumber : Data Primer setelah diolah, 2021.
Berdasarkan pada tabel 3 dapat diketahui bahwa jumlah
tenaga kerja dari NIA BAKERY
adalah 3 orang.Dengan rata-rata pendidikan akhir adalah SMA. Upah yang di dapat oleh para pekerja
adalah sebesar Rp 800.000/bulan.
4.3.4 Sumberdaya Finansial
Sumberdaya finansial adalah segala
sesuatu yang dimiliki oleh sebuah pengusaha yang berupa uang tunai maupun
dengan barang-barang bernilai dan dapat diuangkan untuk kebutuhan perusahaan
sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Sumberdaya ini dapat
dimanfaatkan seefisien mungkin melalui perencanaan dan pengelolaan yang tepat,
sehingga pengalokasian dana yang digunakan dapat memberikan hasil yang
maksimal.
Sumberdaya yang sangat penting dimiliki oleh perusahaan
adalah sumberdaya finansial.Hal ini menjadi sangat penting karena sumberdaya
finansial mencakup masalah keuangan yang berada dalam lingkup perusaahan.Dengan
adanya sumberdaya finansial, suatu perusahaan dapat mengetahui tentang masalah
keuangan yang ada pada perusahaan tersebut agar perusahaan dapat mengetahui
keuntungan dan kerugian, serta pendapatan dan pengeluaran sebagai penunjang
dari pengembangan usaha pada perusahaan yang ada (Harahap, 2009).
Tabel 4. Sumberdaya Finansial NIA BAKERY
AKTIVA |
PASSIVA |
|
Harta
Lancar Kas Rp. 263.424.000 |
Hutang LancarRp. 5.000.000 Hutang J.P 199.425.000 |
|
Jumlah
harta LancerRp.
263.424.000 |
Jumlah
utang204.425.000 |
|
Harta tetap Lahan Rp 97.000.000 Bangunan Rp 150.000.000 Peralatan Rp30.000.000 |
Modal sendiri = 277.00.000 |
|
Jumlah
harta TetapRp.
277.000.000 |
|
|
TOTAL
AKTIVA Rp. 540.424.000 |
TOTAL PASSIVA Rp 540.424.000 |
Sumber
:Data Primer yang Telah Diolah, 2021.
Berdasarkan
Tabel 4, menunjukkan bahwa jumlah total aktiva yaitu sebesar Rp. 540.424.000 yang
terdiri dari penjumlahan dari total harta lancar dengan total harta tetap.
Kemudian untuk jumlah total passive sebesar RP. 540.424.000, dengan utang lancar
berupa gaji tenaga kerja sebesar Rp. .2 400.000, abdomen listrik sebesar Rp. 1.000.000 serta
pemeliharaan alat Rp. 7.425.000
dan modal sebesar Rp. 277.000.000
4.4 Analisis Kinerja Usaha
Sebuah agrosistem tidak pernah lepas dengan
suatu analisis kinerja yang dapat menjadi pengarah pengarah perusahaan itu
sendiri. Analisis kinerja adalah suatu proses yang ada dalam lingkup perusahaan
dan diluarnya serta hubungannya dengan proses yang lainnya. Analisis kinerja
biasanya digunakan untuk melihat kondisi dari agrosistem atau perusahaan serta
yang diperoleh dari agrosistem itu. Analisis kinerja terdiri atas proses
pengadaan bahan baku, proses produksi, proses pemasaran serta pengendalian
dampak lingkungan (Iyandri, 2009).
Suatu agrosistem akan berkembang jika memiliki kinerja yang
terstruktur, oleh karena itu agrosistem manapun akan selalu lebih memperhatikan
dan mengutamakan kinerja serta mencarikan solusi dari sistem kinerja yang
berjalan lancar..
4.4.1. Analisis Kinerja Proses
a.
Proses Investasi
Proses investasi adalah keputusan yangberkesinambungan (on goin process) dengan tahap-tahap
penentuan tujuan, penentuan kebijakan, pemilihan strategi dan pengukurandan
evaluasi kinerja portofolio.Husnan (1998) menjelaskan bahwa
proses investasi menunjukkan bagaimana pemodal seharusnya melakukan investasi
dalam sekuritas yaitu menyangkut sekuritas yang akan dipilih, seberapa banyak
investasi tersebut, dan kapan investasi akan dilakukan.
Tabel 5. Biaya
Investasi Nia Bakery
No. |
Jenis
Investasi |
Nilai
Investasi (Rp) |
1 |
Lahan dan Bangunan |
197.000.000 |
2 |
Peralatan |
30.000.000 |
3 |
Modal Kerja |
2.400.000 |
|
Total |
229.400.000 |
Sumber :Data Primer
Setelah Diolag, 2021.
Berdasarkan tabel 5, menunjukkan
bahwa biaya investasi pada usaha pabrik Sagu
dialokasikan ke lahan dan bangunan, peralatan dan modal kerja dengan nilai
total investasi yaitu sebesar Rp. 229.400.000
b. Proses Produksi
Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah
kegunaan barang atau jasa. Proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan
atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor
yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat
bagi kebutuhan manusia. Proses produksi dapat diartikan sebagai suatu
cara, metode dan teknik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang
atau jasa dengan menggunakan sumberdaya yang ada.
Adapun flowchart proses produksi
pembuatan Roti Nia Bakery sebagai berikut:
Persiapan Bahan Baku Pencampuran
Pemanggangan
Pengemasan
Gambar 10.Proses Produksi Roti Nia Bakery
1. Seluruh bahan baku seperti terigu, garam, gula, dan pengembang dicampur dalam
satu wadah pengadukan
/mixer
2. Setelah bahan dicampurkan kemudian
dilakukan proses pengadukan yang berlangsung selama 15-30 menit.
3. Setelah adonan
benar-benar lembut, adonan dicetak
sesuai ukuran
4. Setelah dicetak kemudian adonannya
dibentuk menggunakan tangan
5. Lalu adonan diisi sesuai rasa roti
yang dibuat
6. Kemudian adonan di masukkan kedalam ruang
penguapan/pengembang selama 1-2 jam
7. Setelah proses
penguapan/pengembangan adonan dimassukkan kedalam oven selama 15 menit
8. Setelah dioven, roti didiamkan selama beberapa menit hingga
dingin.
9. Selanjutnya roti dingin, kemudian roti dikemas
kedalam plastic, dan siap dipasarkan.
c. Proses Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan
manajerial yang didalamnya indivudu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk
yang bernilai kepada pihak lain. Proses pemasaran merupakan kegiatan kelanjutan
dari proses produksi. Kegiatan pemasaran bertujuan agar dana yang telah
diinvestasikan dalam kegiatan produksi dapat diperoleh kembali dengan
mendapatkan sejumlah dana dari hasil penjualan sebagai imbalan investasi yang
dilakukan selama ini.
Proses produksi pada prinsipnya adalah suatu
proses penyampaian produk dari produsen ke konsumen. Proses pemasaran merupakan
kelanjutan dari proses produksi. Kegiatan ini bertujuan agar dana yang di
investasikan dalam kegiatan produksi dapat diperoleh dengan mendapatkan
sejumlah dana dari hasil penjualan sebagai imbalan dari investasi yang telah dilakukan (Kotler,
2008).
1. Strategi Produk
Setiap perusahaan di dalam
mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan share pasarnya, perlu mengadakan
usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih
baik, sehingga dapat memberikan daya guna dan daya pemuas serta daya tarik yang
lebih besar. Strateginya adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang
tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memuaskan para konsumennya dan
sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang,
melalui peningkatan penjualan dan peningkatan share pasar. Dalam strategi
marketing mix, strategi produk merupakan unsure yang paling penting karena
dapat mempengaruhi strategi pemasaran lain. Strategi produk yang dapat
dilakukan mencakup keputusan tentang acuan/bauran produk (Product Mix), merk
dagang (Brand), cara pembungkusan atau kemasan produk (Product Packaging),
tigkat mutu/kualitas dari produk dan pelayanan (services) yang diberikan.
Tujuan utama strategi produk adalah untuk dapat mencapai sasaran pasar yang
dituju dengan meningkatkan kemampuan bersaing atau mengatasi persaingan.
Pada hakikatnya,
seseorang membeli produk bukan karena fisik produk itu semata-mata tapi karena
manfaat yang ditimbulkan dari produk yang dibelinya.
2. Strategi Harga
Harga merupakan satu-satunya unsur
marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan.Dalam penentuan baik untuk
harga jual atau harga beli pihak bank harus berhati-hati. Sebab, kesalahan
dalam penentuan harga akan menyebabkan kerugian bagi bank. Dalam menentukan
harga harus dipertimbangkan berbagai hal, misalnya tujuan penentuan harga
tersebut, hal ini disebabkan dengan diketahuinya tujuan penentuan harga
tersebut menjadi mudah.
3. Strategi Penyaluran (Distribusi)
Dalam usaha untuk mencapai tujuan
dan sasaran perusahaan dibidang pemasaran.Penyaluran merupakan kegiatan
penyampaian produk ke tangan konsumen atau si pemakai pada waktu yang
tepat.Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga yang
memasarkan produk berupa barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen.
Agen
Produk Konsumen Kios/toko
Gambar 12. Proses Pemasaran Nia
Bakery
Berdasarkan alur dari proses
pemasaran yang digunakan adalah setelah siap produk kemudia
dipasarkan kebeberapa agen, konsumen,dan kios/toko”.
4.4.2.
Analisis Kinerja Hasil
a. Analisis Produksi dan Pendapatan
Pada umumnya biaya yang dikeluarkan
dalam setiap usaha terbagi dua yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya tetap
(variable cost).Keberhasilan suatu perusahaan dinilai dari jumlah pendapatan
yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Pendapatan dalam pengertian umum
adalah hasil produksi dalam bentuk materi dan dapat kembali digunakan untuk
memenuhi kebutuhan akan sarana dan prasaana produksi.Produksi
adalah suatu kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang
untuk memenuhi kebutuhan.Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah
bentuknya dinamakan produksi jasa.Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu
benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.Produksi
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mencapai kemakmuran.Kemakmuran
dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.
Pendapatan adalah penerimaan bersih
seseorang, baik berupa uang kontan maupun natura.Pendapatan atau juga disebut
juga income dari seorang warga masyarakat adalah hasil penjualannya dari actor-faktor
produksi yang dimilikinya pada factor produksi.
1.
Biaya Tetap
Biaya Tetap adalah biaya yang jumlah totalnya akan
sama dan tetap tidak berubah sedikitpun walaupun jumlah barang yang diproduksi
dan di jual berubah-ubah dalam kapasitas normal. Biaya Tetap yang diamati pada
Praktek Kerja Lapang (PKL) dapat dilihat pada Tabel 5.
Tabel
6.Biaya Tetap Usaha roti nia Bakery
No |
Jenis Biaya |
Nilai
(Rp) |
1. |
Gaji
Karyawan |
4.000.000 |
2. |
Abdomen
Listrik |
1.000.000 |
3. |
Pemeliharaan
alat |
7.425.000 |
Total |
10.925.000 |
Sumber
:Data Primer Setelah Diolah, 2020.
Berdasarkan
Tabel 6, diperoleh data bahwa total nilai biaya tetap pabrik Tepung sagu Cv. Podomor0 sebesar Rp 10.925.000per bulan. Biaya tetap
tersebut terdiri dari gaji 2
orang karyawan Rp 4.000.000abdomen
listrik Rp 1.000.000 dan biaya pemeliharaan 5 unit alat produksi sebesar Rp 7.425.000 Uraian biaya tetap
tersebut akan digunakan untuk mengetahui jumlah pendapatan bersih yang diterima
oleh pabrik.
2.
Biaya
Variabel
Biaya variabel atau variabel cost
adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan yang berubah-ubah dan berpengaruh
terhadap besar kecilnya jumlah produksi. Biaya variabel yang diamati pada
Praktek Kerja Lapang (PKL) dapat dilihat pada Tabel 6.
Tabel 7. Biaya
Variabel Tetap NIA BAKERY
No. |
Jenis |
Jumlah |
Harga (Rp/st) |
Nilai (Rp/hari) |
Nilai (Rp/bulan) |
1 |
Terigu |
1 sak |
8.000/kg |
1.250.000 |
20.000.000 |
2 |
BBM |
15 liter |
7.400/L |
111.000 |
1.776.000 |
Jumlah |
|
21.776.000 |
Sumber :Data
Primer Setelah Diolah, 2020.
Berdasarkan
Tabel 6, diperoleh data bahwa total nilai biaya variabel usaha tetap usaha roti NIA BAKERY adalah sebesar Rp
21.776.000/Bulan.
1.Analisis
Pendapatan
Tabel
9. Produksi dan Pendapatan Cv. Podomoro/Bulan
No |
Uraian |
Total |
1. |
Produksi |
2000 bungkus |
2. |
Harga Produk |
45.000 |
3. |
Total Penerimaan (1×2) |
90.000.000 |
4. |
Biaya Tetap |
10.925.000 |
5. |
Biaya Variabel |
21.776.000 |
6. |
Total Biaya (4+5) |
32.686.000 |
7. |
Pendapatan (3-6) |
57,314.000 |
8. |
Pendapatan pertahun |
687,768.000 |
9. |
Total pedapatan pertahun |
263,424.000 |
Sumber, Data Primer Setelah Diolah, 2020.
Berdasarkan Tabel 9, menunjukkan
bahwa usaha ini dapat memproduksi 2000 bungkus dalam satu bulan dengan frekuensi produksinya sebanyak4 kali dalam seminggu. Sehingga
pendapat pertahun sebesar Rp 687,768.000. Dimana total penerimaan yang
diterima selama sebulansebesar Rp57,314.000, sedangkan biaya tetap yaitu Rp 10.925.000
dan biaya variabel Rp 21.776.000, sehingga totol biaya yang di pakai sebesar Rp 32.686.000.
1. Kriteria Kelayakan Usaha
a. Analisis BEP (Break Event Point)
Analisis titik impas
digunakan untuk menentukan besarnya volume penjualan dimana semua biaya telah
tertutupi tanpa mengalami kerugian maupun keuntungan.
1. BEP dalam Unit
10,925.000
45.000-21.776.000/2000
10,925.000
34,112
Artinya bahwa perusahaan harus memproduksi
dan menjual Tepung sagu lebih
besar dari 320/
bulan untuk memperoleh keuntungan.
2. BEP dalam rupiah
10,925.000
21.776.000
90.000.000
10,925.000
1 - 0,24
10,925.000
0,76
Jadi
perusahaan mendapat omset sebesar Rp 14,375.000,-/bulan untuk memperoleh keuntungan.
a. Analisis
R/C-Ratio
R/C-Ratio adalah perbandingan antara
pendapatan kotor dengan biaya.
Total penerimaan 90.000.000
R/C-Ratio = ----------------------- =
---------------------- = 2,7
Total biaya Rp 32.686.000
Nilai R/C-Ratio =2,7 lebih besar dari 1 Ã Layak
Artinya setiap
mengeluarkan biaya sebesar Rp 1, maka akan memperoleh penerimaan sebesar Rp 2,7.
c. Analisis
PBP (Pay Back Period)
Analisis PBP adalah waktu yang diperlukan
untuk dapat mengembalikan semua investasi yang telah dikeluarkan.
Nilai investasi Rp296.110.000
PBP = --------------------------- =
---------------------- =0,043...
= 1
Keuntungan per tahun Rp 687,768.000
Artinya
nilai investasi akan kembali pada tahun ke-1setelah
1
bulan usaha berjalan.
Apabila nilai PBP < umur ekonomis usaha (5 tahun)
layak dijalankan
4.5. Peta
Kinerja Agrosistem Kasus
Berikut peta kinerja agrosistem
kasus pada usaha CV. Podomoro
Suply Bahan Baku
Proses Investasi
1 Sumberdaya : 1.
Lahan dan Bangunan 2.
Peralatan 3.
Manusia 4.
Finansial
15 Lingkungan Sosial Proses Produksi
Proses Pengemasan
Pasar Output Proses Pemasaran
Gambar
13.Peta kinerja agrosistem pada usaha roti NIA BAKERY.
Penjelasan
:
1.
Proses investasi dialokasikan pada
sumberdaya usaha roti NIA BAKERY
2.
Proses pengadaan bahan baku membutuhkan
sumbedaya manusia dan sumberdaya finansial.
3.
Proses pensuplyanbahan baku diambil
langsung dari toko/swalayan
4.
Selanjutnya dilakukan proses produksi yang
dimulai dari penyaringan.
5.
Saat proses produksi membutuhkan
sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan
6.
Setelah proses produksi, maka selanjutnya
proses penimbangan sesuai ukuran kemasan.
7.
Saat proses penimbangan tahu membutuhkan
sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan
8.
Setelah proses penimbangan sesuai ukuran
kemasan masing-masing maka selanjutnya dilakukan proses pengemasan menggunakan mesin
press.
9.
Saat proses pengemasan membutuhkan
sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan
10.
Setelah proses pengemasan, maka
selanjutnya dilakukan proses pemasaran
11.
Saat proses pemasaran membutuhkan
sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan
12.
Produk yang dipasarkan, hasil dari
kegiatan pemasaran
13.
Hasil dari proses pemasaran (berupa
pendapatan) diolah kembali untuk proses investasi, dan
14.
Dari kegiatan ini dapat menimbulkan dampak
yaitu perusahaan memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan atau mitra
kerjasama dengan usaha – usaha lain, seperti warung makanan dan sebagainya.
V. PROBLEMATISASI
5.1. Analisis Masalah Pengembangan
Agrosistem
Analisis masalah
adalah kemampuan untuk
mengenal elemen elemen situasi dalam permasalahan dan memahami komponen mana saja
yang kritis; kemampuan untuk mengenal aktivitas kritis yang dilakukan – agar
dapat mengurutkan (breakdown) proses proses aktivitas tersebut dalam beberapa
komponen aktivitas.Analisis masalah
dapat
dilakukan untuk meneliti penyebab
timbulnya
masalah-masalah dan dampak
yang dapat
ditimbulkan
oleh masalah-masalah tersebut
serta
dapat memberikan
rangkaian hubungan
sebab akibat yang ditunjukkan
dalam suatu
diagram.Suatu masalah tidak
harus
menuntut atau menimbulkan suatu
penelitian
tetapi
penelitian
dilakukan
oleh karena
adanya
masalah. Jadi seseorang yang akan melakukan
penelitian harus
menentukan terlebih dulu apa masalahnya..
5.1.1.
Identifikasi Masalah
Masalah adalah pertanyaan
ilmiah
yang akandicarisolusinya. Masalah
dapat diungkapkan
dalam
bentuk pertanyaan-pertanyaan.Masalah pertanyaan
didefinisikan
dengan mengajukan
sebuah
pertanyaan yang jawabannya belum
diketahui dan
yang dikaji dalam penelitian yang
kita
kerjakan.Untuk
mempermudah
dapat
pula
digunakan pertanyaan
yang hanya
membutuhkan
jawaban
ya atau tidak.
1.
Ruangan produksi yang
sedikit sempit
Ruangan produksi yang sempit ini membutuhkan
pelebaranruangan agar proses produksi berjalan secara efektiv dan efisien.
2.
Kurangnya jumlah
karyawan
Dengan menambah jumlah karyawan itu akan dapat
meningkatkan jumlah produksi dan otomatis akan meningkatkan jumlah pendapatan.
3.
Lokasi pabrik yang kurang strategis
Lokasi
pabrik yang kurangstrategis ini menyebabkan produk roti NIA BAKERY kurang
dikenal oleh masyarakat, namun karena bagunan pabrik roti , NIA BAKERY bersifat
permanen karena milik pribadi jadi tidak memungkinkan untuk pemindahan pabrik,
jad diberikan solusi untuk memsang spanduk dijalan pusat keramaian di Kota pinrang.
Untuk
mengetahui lebih jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh pabrik roti, NIA BAKERYdapat didilihat pada
Tabel 5 berikut ini :
Tabel
9.Identifikasi Masalah yang Dihadapi Pabrik ROTI , NIA BAKERY
IdentifikasiMasalah |
SD Lahan Dan Bangunan |
SD
Finansial |
SD Manusia |
SD Peralatan |
Proses Pengadaanbahan Baku |
Proses Produksi |
Proses Pemasaran |
|
Ruangan seadanya |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
Kurangnya karyawan |
|
|
√ |
|
√ |
√ |
√ |
|
Lokasi kurangstrategis |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
Sumber
:Data Primer Setelah Diolah, 2021
Berdasarkan tabel 9, menunjukkan bahwa
dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi pada pabrik pembuatan roti NIA
BAKERY berada pada sumberdaya lahan dan bangunan serta sumberdaya manusia,
dimana identifikasi masalahnya berada pada ruangan produksi yang sedikit sempit
itu menyebabkan produksi kurang efektif dan efisien, kemudian kurangnya jumlah
karyawan, jika dilakukan penambahan karyawan maka prodduksi akan meningkat dan
otomatis pendapatanpun meningkat dan juga permasalahan lokasi yang kurang
strategis yang menyebabkan produk roti Nia Bakery kurang dikenal orang itulah
diusulkan untuk membuat spanduk dan memsang dijalan pusat keramaian yang
tersebar di Kota Pinrang.
Tabel 10.Daftar Fakta, Masalah dan Sasaran
NIA BAKERY.
No |
Fakta |
Masalah |
Sasaran |
1 |
Ruangan seadanya dan sedikit sepit |
Proses produksi yang kurang
efektif dan efisien |
Pelebaran ruang produksi |
2 |
Karyawan produksi hanya 3 orang |
Kurangnya tenaga kerja |
Penambahan jumlah karyawan |
3 |
Lokasiyang kurang strategis |
Kurang dikenall masyarakat |
Penyebaran spanduk di jalan pusat
keramaian yang tersebar di Kota pINRANG |
Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan tabel 10, menunjukkan bahwa beberapa fakta
dan sasaran NIA BAKERY dapat dilihat dari dengan ruangan seadannya yangsedikit
sempit sehingga menimbulkan masalah proses
produksi yang kurang efektif dan efisien, kemudian disusul dengan jumlah
karyawan produksi hanya 2 orang sehingga kurangnya tenaga kerja dan lokasi
pabrik yang kurang strategis sehingga menimbulkan masalah produk kurang dikenal
oleh masyarakat.
5.1.2. Penentuan Masalah Utama
Penentuan masalah dapat kita ambil di antara salah
satu masalah yang ada dan kemudian ditentukan sebagai masalah utama.Untuk menentukan masalah utama, tentunya harus
menganalisis semua masalah yang terdapat disetiap bagian-bagian yang ada dalam pabrik pembuatan roti NIA BAKERY ruang
produksi yang sempit menyebabkanproses produksi tidak berjalan secara
efektifdan efisien.
5.1.3.
Struktur Pohon Masalah
Usaha tidak berkembang bahkan fatalnya
usaha mengalami penurunan |
Ruangan
produksi yang sedikit sempit |
Kurangnya
jumlah karyawan Lokasi yang kurang strategis
Gambar
14.Struktur Pohon Masalah Pabrik Pembuatan Roti
NIA BAKERY
Keterangan :
= Masalah Antara
5.2. Analisis Sasaran Pengembangan
Agrosistem
Analisis alternatif adalah
suatu usaha untuk melihat berbagai kemungkinan pilihan hubungan tindakan hasil
(rangkaian tujuan) dari analisis sasaran yang mengarah pada suatu keadaan
tertentu yang diinginkan. Analisis alternatif digunakan untuk
menilai masing-masing alternatif untuk mengembangkan suatu proyek.Analisis
alternatif ini pada akhirnya mengarah pada salah satu rangkaian tujuan.
5.2.1. Penetapan Sasaran
Sasaran merupakan
penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh
organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus
spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga
bisa tercapai secara efektif dan efisien
Berdasarkan analisis
masalah
yang telah
disebutkan sebelumnya diataslangkah selanjutnya adalah
menetapkan
sasaran yang perlu dicapai sehubungan dengan
masalah yang
dihadapi
perusahaan adalah sebagai berikut:
1.
Ruangan produksi yang
besardan nyaman
Dengan ruangan produksi yang besar
dan nyaman maka proses produksi akan berjalan secara efektif dan efisien.
2.
Menambah jumlah
karyawan
Menambah jumlah karyawan dengan
ini akan peningkatan produksi dan juga otomatis pendapatanpun akan ikut
meningkat.
3. Pemasnagan spanduk dilakukan
Dengan memasang spanduk dijalan
pusat keramaian maka akan banyak orang yang mengenal produk NIA BAKERY.
5.2.2. Penentuan Sasaran Utama
Sasaran
utama adalah sasaran yang menjadi skala
prioritas. Sasaran utama berasal
dari kata dasar sasaran,
sasaran utama pada usaha roti NIA BAKERY yaitu pemilik harus memperluas
bangunan untuk ruang produksi agak karyawan bekerja dengan nyaman sehingga
menggunakan waktu secara efektif dan efisien maka otomatis proses produksi
dapat berjalan dengan lancar juga.
5.2.3. Struktur Pohon Sasaran
Strukturisasi
sasaran merupakan suatu
diagram yang hampir
samadengan
strukturisasi masalah.
Jika
dalam strukturisasi masalah yang dimasukkan dalam
struktur
pohon
masalah adalah
masalah yang berindikasi negatif,
maka
sebaliknya yang
dimasukkan dalam
struktur pohon sasaran
adalah sasaran (sesuatu
yang ingindicapai)
dan
berindikasi
positif.
Usaha berkembang dan pendapatan
meningkat |
Ruangan nyaman |
Jumlah karyawan meningkat Lokasi sudah
banyak diketahui orang
Gambar
14.Struktur Pohon Sasaran Pabrik Pembuatan roti NIA BAKERY
VI.
DESAIN TINDAKAN
6.1. Analisis Alternatif
Tindakan Pengembangan Agrosistem
Analisis
alternatif adalah suatu usaha untuk melihat beberapa kemungkinan pilihan
(alternatif) hubungan tindakan hasil rangkaian tujuan dan analisis sasaran yang
mengarah pada suatu tujuan (keadaan) tertentu yang diinginkan.Pengembangan
alternatif kecenderungan untuk menerima alternatif keputusan pertama yang
feasible sering menghindarkan manajer dari pencapaian penyelesaian yang terbaik
untuk masalah manajer.Pengembangan sejumlah alternatif memungkinkan manajer
menolak kecenderunganuntuk membuat keputusan terlalu cepat dan membuat
keputusan yang efektifhasil yang diperoleh dari evaluasi setiap
alternatif yang bersedia terhadapa kreiteria-kriteria yang ditetapkan.
Alternatif Pengambilan
keputusan mempunyai peranan penting dalam manajemen karena keputusan yang
diambil oleh manajer merupakan keputusan akhir yang harus dilaksanakan dalam
organisasi-nya atau bisnis yang dijalankannya.Keputusan manajer sangat penting
karena menyangkut semua aspek. Kesalahan dalam mengambil keputusan bisa
merugikan organisasi, mulai dari merusak nama baik organisasi atau perusahaan
sampai pada kerugian uang. Maka oleh sebab itu manajer harus berhati – hati
dalam mengambil keputusan.
6.1.1.
Alternatif Tindakan
Analisis alternatif adalah
suatu usaha untuk melihat berbagai kemungkinan pilihan hubungan tindakan hasil
(rangkaian tujuan) dari analisis sasaran yang mengarah pada suatu keadaan
tertentu yang diinginkan. Analisis alternatif digunakan untuk
menilai masing-masing alternatif untuk mengembangkan suatu proyek. Analisis
alternatif ini pada akhirnya mengarah pada salah satu rangkaian tujuan..
1.
Untuk mencapai sasaran antara :
meningkatkan jumlah tenaga kerja
maka alternatif tindakan yang dilakukan adalah merekrut tenaga kerja
dengan syarat-syarat tertentu sehingga kinerja yang sesuai dengan keahlian.
2.
Untuk mencapai sasaran antara : memberikan
solusi terbaik untuk lokasi yang kurang strategis dengan alternative yang dapat
digunakan yaitu memasang iklan spanduk dijalan.
Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :
Usaha berkembang dan pendapatan
meningkat |
Ruangan
nyaman |
Penambahan jumlah
karyawan dengan melihat skill Menyewa ruko
dipusat kota pinrang Jumlah karyawan meningkat Lokasi sudah
banyak diketahui orang
Gambar
14. Struktur Pohon Sasaran Antara Pabrik Pembuatan
Roti, NIA BAKERY
Keterangan :
= Alternatif
Tindakan
6.1.2.
Analisis Keputusan
Analisis keputusan adalah pola berpikir sistematis dalam
pengambilan keputusan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang harus
dilakukan, pengembangan kriteria khusus untuk mencapai tujuan,
mengevaluasi alternatif tindakan yang tersedia
yang berhubungan dengan kriteria dan mengidentifikasi kemungkinan resiko yang
melekat pada suatu keputusan tersebut..
a. Analisis
keputusan untuk tindakan “Lokasi yang kurang strategis”.
Pernyataan
keputusan : “Mamasang iklan”
Kriteria keputusan : Bobot
K1
: Mudah ditahui masyarakat 0,50
K2 : Luas
cakupan pemasaran 0,50
1,00
Bobotnya sama karena kedua criteria keputusan akan
berdampak positif saat memasang iklan.
Alternatif
keputusan : Bobot
A1 : Memasang spanduk 0,80
A2 :
Menyewa ruko 0,20
1,00
Bobot kreterianya berbeda karena memasang spanduk
memang jauh lebih mengurangi pengeluaran pabrik.
Tabel 13. Analisis Keputusan Usaha ROTI NIA BAKERY
Tindakan |
Pernyataan
Keputusan |
Kriteria Keputusan |
Alternatif Keputusan |
||
Mamasang iklan |
Membuat spanduk |
Mudah dikenak masyarakat Bobot (0,50) |
Luas cakupan pemasaran Bobot (0,50) |
(A1) Memasang
spanduk Bobot
(0,80) |
(A2) Menyewa ruko Bobot(0,20) |
Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan tabel 7, menunjukkan bahwa
analisis keputusan
usaha pabrik pembuatan roti ,NIA BAKERY
mengambil tindakan perluasan bangunan ruangan produksi dimana tindakan
alternative dalam menentukan keputusan 1 (memasang spanduk, bobot 0,80) lebih
dipilih dibandingkan tindakan alternative 2 (menyewa ruko, bobot 0,20), ini
berdasarkan bobotnya lebih tinggi.
Tabel
14. Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha
roti ,Nia bakery
Keputusan Alternatif |
K1 0,80 |
K2 0,20 |
Jumlah |
A1
(0,50) |
0,4 |
0,1 |
0,5 |
A2
(0,50) |
0,4 |
0,1 |
0,5 |
Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan evaluasi alternatif
terhadap kriteria diatas maka dapat diketahui bahwa A1 dengan total 0,5 sama
dengan A2 dengan total 0,5. Dua duanya
menjadi alternatif terpilih yaitu agar membenahi masalah lokasi yang
kurang strategis .
b. Analisis
keputusan untuk tindakan “Menambah jumlah karyawan”
Pernyataan
keputusan : “Melakukan prekrutan karyawan”
Kriteria keputusan : Bobot
K1
: Produksi meningkat 0,50
K2 :
Pendapatan meningkat 0,50
1,00
Bobotnya sama karena apabila apabila produksi
mengalami peningkatan maka otomatis pendapatan pabrik pun akan mengalami
peningkatan.
Alternatif
keputusan : Bobot
A1 : Skill 1,00
A2 :
Tanpa skill 0,00
1,00
Bobot kreterianya berbeda karena memang dalam
perekrutan karyawan NIA BAKERY memang harus memiliki skill.
Tabel 15. Analisis Keputusan Usaha roti NIA BAKERY
Tindakan |
Pernyataan
Keputusan |
Kriteria Keputusan |
Alternatif Keputusan |
||
Menentukan syarat perekrutan |
Menentukan syarat yang |
Produksi meningkat Bobot (0,50) |
Pendapatan meningkat Bobot (0,50) |
(A1) Skill
Bobot (1,00) |
(A2) Tanpa skill Bobot (0,00) |
Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan tabel 9, menunjukkan bahwa analisis keputusan
dalam proses perekrutan karyawan lebih memilih alternative pertama dibandingkan
dengan alternative kedua, dikarenakan tenaga kerja yang memiliki skill memang
dibutuhkan..
Tabel
16. Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha
roti NIA BAKERY
Keputusan Alternatif |
K1 0,50 |
K2 0,50 |
Jumlah |
A1
(1,00) |
0,5 |
0,5 |
1,00 |
A2
(0,00) |
0,0 |
0,0 |
0,00 |
Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan evaluasi alternatif
terhadap kriteria diatas maka dapat diketahui bahwa A1 dengan total 1,00
sedangkan A2 dengan total 0,00. Maka alternatif terpilih yaitu merekrut
karyawan yang memiliki skill.
6.1.3.
Tindakan Terpilih
Tindakan terpilih
merupakan keputusan
akhir yang dipilihdari beberapa
alternatif keputusan
yang
telah
ditetapkan
sebelumnya.Tindakan terpilih
diperoleh melalui penentuan skor terhadap
alternatif-alternatif keputusan.Keputusan
tindakan
terpilih ini diharapkan
dapat
membantu
perusahaan dalam
pengembangan usaha.Alternatif
tindakan
terpilih tersebut antara
lain:
1.
Memasang iklan dispanduk kemudian disebar
keberbagai jalan pusat keramaian di Kota pinrang.
2. Merekrut
tenaga kerja yang memiliki skill agar produksi dapat meningkat dan dengan
otomatis pendapatanpun akan mengalami peningkatan.
6.2. Matriks Perencanaan Dan
Pengembangan Agrosistem
Matriks
perencanaan
proyek pengembangan usaha adalah alat
untuk
mengembangkan
rancangan proyek.Matriks perencanaan ini menggambarkan bagaimana tindakan yang akandilakukan
untuk
memenuhi
sasaran antara
dan
sasaran
utama
serta
sarana
dan
biaya yang dilakukan untuk mewujudkan
tindakan
tersebut.
Matriks ini membahas mengenai
empat hal,
yaitu dampak/konsekuensi
dari
sasaran utama,
sasaran
antara dan tindakan yang
dibagi 3yaitu: uraian,
tujuan sesuai
tingkatan, ukuran
tercapainya
tujuan dan system informasi pengendalian.
Tabel
17. Matriks Perancangan dan Pengembangan Usaha roti,NIA BAKERY
Uraian Tujuan Sesuai Tingkatan |
Ukuran Tercapainya Tujuan |
Sistem Informasi Pengendalian |
Dampak : Usaha Mengalami Peningkatan |
Meningkatkan
pendapatan pada pabrik. |
Pengamat |
Sasaran Utama : Perluasan Ruangan
Produksi |
Pekerja yang bekerjadengan rungan yang
nyaman akan berdampak positf bagi hasil produksi |
Pengamat |
Sasaran Antara : 1.
Kurangnya
jumlah karyawan |
Dengan menambah jumlah karyawan atau rekrutmen
akan mempunyai kinerja yang baik yang akan memberikan dampak terhadap hasil
produksi |
Pengamat |
2.
Lokasi kurang
strategis |
Dengan memasang iklan NIA BAKERY akan
dikenal oleh banyak orang dan ini akan sangan berdampak baik bagi peningatan
pendapatan |
Pengamat |
Sumber : Analisis Data
Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan
tabel 11, menujukkan bahwa matriks perancangan usaha roti NIA BAKERY memiliki tujuan dalam mengembangkan usaha dengan sasaran
perluasan ruang produksi, sehingga masalah yang ada pada usaha ini dapat
terselesaikan dan kemudian NIA BAKERY akan mengalami perkembangan dan
meningkatkan pendapatan
Tabel
18. Matriks Tindakan Usaha roti Nia BAKERY
Tindakan |
Sarana yang Diperlukan |
Biaya |
Melakukan
pengrekrutan terhadap karyawan yang mamiliki skill |
1. Pelamar
kerja 2.
Kertas |
Rp 20.000 |
Memasang spanduk keberbagaijalan pusat keramaian Di
Kota pinrang |
Spanduk |
Rp
5.000.000 |
Sumber : Analisis Data
Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan tabel
diatas diperoleh data bahwa matriks
perancangan
dan pengembangan
pada usaha roti
NIA BAKERY yaitu
pada bagian sasaran
dampak pendapatan
meningkat.Ukuran tercapainya yaitu
bila
pendapatan
yang diterima
lebih besar dari pendapatan yang
sebelumnya.
Adapun system pengendaliannya
berdasarkan pengamatan.Tenaga kerja yang produktif sebagai
sasaran utama dalam
pengembangan
usaha.Hal ini jelas harus didukung oleh
sasaran
antara
yang diwujudkan
dari
tindakan-tindakan
perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi
serta pengendalian tiap-tiap tindakan.Ukuran
tercapainya sasaran
utama
ini
apabila tenaga kerja lebih produktif.
Sasaran antara
adalah yang pertama jumlah karyawan meningkat yaitu
meningkatkan jumlah produksi dan sasaranantarayang
dua yaitu penyimpanan bahan baku yang dekat dengan tempat produksi.
Untuk
tindakan
pertamamenentukan syarat perekrutan dengan
melakukan test wawancara dan test tertulis dan harga kertas sebesar Rp.20.000 dan untuk tindakan selanjutnyaproses
pemindahan tempat bahan baku biaya Rp.5.000.000.
6.3. Rencana Kerja Tindakan
Rencana kerja adalah serangkaian
tujuan dan proses yang bisa membantu tim dan/atau seseorang mencapai tujuan
tersebut. Dengan membaca rencana
kerja, Anda bisa memahami skala sebuah proyek dengan lebih baik. Ketika
digunakan di dunia kerja maupun
akademik, rencana kerja membantu
anda mengerjakan proyek dengan teratur.
Rencana kerja proyek
adalah suatu usaha untuk menyusun kegiatan proyek yang dapat memberikan suatu
ringkasan mengenai pelaksanaan rencana kegiatan agar perusahaan dapat
berkembang dengan pesat, yang didalamnya meliputi penanggungjawab dari
masing-masing tindakan yang akan dilakukan, kegiatan serta penjadwalan
kegiatan.
Tabel 19.Rencana Kerja Tindakan Pengembangan Agrosistem di Usaha ROTI NIA
BAKERY
Tindakan |
Penaggung jawab |
Hasil kegiatan |
Bulan |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
|||
Menetapkan syarat dalam merekrut
karyawan |
Pemilik usaha |
Memiliki cukup karyawan dengan skill yang mumpuni |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memasang iklan |
Bagian pemasaran |
Usaha makin banyak dikenal masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sumber
: Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.
Berdasarkan
Tabel 13, menunjukan bahwa rencana kerja tindakan pengembangan agrosistem dalam
menambah
pendapatan agar perusahaan memiliki keuntungan dilakukan pada bulan 1. Hal ini
karena Usaha ROTI NIA BAKERY memerlukan
penambahan karyawan yang memiliki skill yang mumpuni.Pemasangan
iklan juga dilakukan karena melihat lokasi NIA BAKERY yangkurang strategis
menyebabkan NIA BAKERY kurang banyak diketahui masyarakat..
VII. REFLEKSI
7.1. Aspek
Pengetahuan
Dari
hasil pembelajaran dan menganalisi Usaha ROTI NIA BAKERY kami para peneliti
mendapatkan banyak pembelajaran baru dalam meulai usaha dan mengembangkan
usaha. Pelajaran yang dapat dari usaha ini, yaitu sebagai berikut:
2.
Jika ingin memulai suatu usaha harus
dengan niat yang kuat serta konsisten, barulahyang lain-lainnya seperti modal
dll.
3.
Memperluas cakupan pasar dan membangun
mitra bisnis sangat penting agar usaha dapat pengalami peningkatan.
7.2. Aspek
Keterampilan
Dengan adanya kegiatan
penelitian ini mengenai analisis perancangan dan
pengembangan agrosistem, maka kami sebagai peneliti dapat mengidentifkasi serta
menganalisa berbagai aspek – aspek dalam perusahaan secara structural yang
dimulai dari tahap pengadaan bahan baku sampai proses pemasaran. Kemudian kami
dapat menganalisis serta memecahkan terhadap masalah yang ada.
7.3. Aspek
Sikap
DAFTAR PUSTAKA
Bambang Riyanto,
1995.Jurnal pembuatan dan usaha sagu. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.
https://berbagitugass. blogspot.co.id, 2017, 03,Pembangunan pertanian dengan
merusahatani sagu.
Abdul
G.T., Dwidjono H.D, Jangkung H.M dan Jamhari, 2010. Dalam Jurnalnya “Analisis Efisiensi Produksi Sistem Usahatani
sagu di
Sulawesi Selatan” Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)
Sulawesi Selatan. Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, SEKIP, Yogyakarta.
Ahmadi, 2001.Ilmu Sosial Dasar.Jakarta.PT. Rineka
Cipta.
Ari Darmawan. 2012. Modul 8, Analisis
Biaya Produksi. Universitas Brawijaya. Malang.
DamardjatiD.S,
Marwoto, D.K.S. Swastika,
D.M. Arsyad, danY.Hilman.2005. Prospek
danArahPengembangan Agribisnissagu.Badan LitbangPertanian,
DepartemenPertanian. Jakarta.
Damsar, 2009Pengantar Sosiologi Ekonomi, Jakarta: Prenada
Media Group Hal. 67.
Dina Amaila, 2017.
Pengertian Faktor dan Proses Produksi.https://www.jurnal.id/id/blog.Diakses pada 31
Mei 2020.
Halim,
Abdul, 2003. Analisis Investasi, Salemba Empat, Jakarta.
,2005.
AnalisisInvestasi.Jakarta: SalembaEmpat.
Harahap Sofyan,2008.Teori AkuntansiJakarta: Kencana Prenada
MediaGroup. Hal. 15.
Hidayat,2009.Hidayat,N.2009.saguhttp://lecture.brawijaya.ac.id/nurhidayat/?p=73.Diakses
pada 29 Mei 2020.
Mankiw N,Gregory, dkk. 2011,
Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: Salemba Empat.
Nuga, 2018. Artikel, Investasi
Bagi Dunia Usaha. www.Astaga.com/usaha/ Investasi-bagi-dunia-usaha. Diakses
pada 30 Mei 2020.
Nugroho J. Setiadi, 2008. Business Economics And Managerial
Decision Making. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Hal. 115.
DOKUMENTASI
No comments