LAPORAN ANALISIS PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN AGROSISTEM

 

 LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANG

ANALISIS PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN AGROSISTEM

(NIA BAKERY)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


              MARDATILLAH ARDI

                       08320180145

 

 

                                                                             

 

 

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

 FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

MAKASSAR

2021

HALAMAN PENGESAHAN

1.      Mata Kuliah                                  : Analisis  Perancangan  Dan Pengembangan

…………………………….. …….   Agrosistem (NIA BAKERY)

2.      Idenitas Mahasiswa               

a. Nama lengkap dan stambuk       : 1.Mardatillah Ardi (08320180145)

         

b. Fakultas/Jurusan                         : Pertanian/Agribisnis

c. PerguruanTinggi                         : Universitas Muslim indonesia

d. Lokasi Praktik Lapang               Ancol timur no 2, jln Rappang,kabupaten Pinrang,Sulawesi Selatan ,Indonesia

Pinrang,       April  2021

 

Disetujui Oleh,

Koordinator Praktik Lapang                                       Asisten Praktik Lapang

 

Dr. Ir. St. Rahbiah Busaeri, MS                                          Ira Pasira, S.p

 

Mengetahui,

Ketua Program Studi Agribisnis

Universitas Muslim Indonesia,

 

Ir. Rasmeidah Rasyid P.,M.M

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

AssalamuAlaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan kepadaAllah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis menyelesaikan laporan praktik kerja lapang mata kuliah Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem ini.Praktik kerja lapang ini merupakan salah satu persyaratan yang wajib ditempuh laporan praktik kerja lapang ini disusun sebagai pelengkap kerja praktik yang telah dilaksanakan.

Ucapan terima kasih dihaturkan kepada :

1.    Dr. Ir. St. Rahbiah Busaeri, MS selaku dosen koirdinator mata kuliah atas arahan yang diberikan sehigga kami dapat melakukan praktik mata kuliah Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem.

2.    Dr. Ir. Nurliani, MS selaku dosen mata kuliah atas ilmu yang diberikan berkenaan dengan mata kuliah Analisis Perancangan dan Pengembangan Agrosistem sehingga membantu kami dalam  menyusun laporan ini.

3.    Ira Pasira, SP selaku asisten praktik kerja lapang atas bimbingannya selama praktik kerja lapang hingga penyusunan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

WallahuWaliyyutTaufiqWalhidayah.

                                                                                              Pinrang,      April 2021

 

           

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.......................................................................................       i

HALAMAN PENGESAHAN........................................................................      ii

KATA PENGANTAR....................................................................................      iii

DAFTAR ISI...................................................................................................... iv

DAFTAR TABEL...........................................................................................       v

DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vi

I. PENDAHULUAN.........................................................................................     8

1.1. Latar Belakang.......................................................................................       8

1.2. Sasaran Aspek Belajar..........................................................................       10

1.3. Kegunaan Praktik KerjaLapang...........................................................       11

II. TINJAUAN PUSTAKA............................................................................. .   13

2.1. Usaha (sesuai yang diteliti)..................................................................       13

2.2. Investasi Usaha.....................................................................................       14

2.3. Faktor Produksi....................................................................................       15

2.4. Biaya Produksi......................................................................................       17

2.5. Produksi dan Pendapatan......................................................................      18

III. METODE PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANG................. 20

3.1. Pendekatan Kasus Agrosistem.......................................................     20

3.2. Lokasi Dan Waktu Pelaksanaan.....................................................     20

3.3. Penentuan Posisi Penilaian............................................................     21

3.4. Jenis dan Sumber Data ..................................................................     21

3.5. Metode Analisis ............................................................................     22

IV. DESKRIPSI AGROSISTEM KASUS......................................................... 28

4.1. Visi Dan Misi Agrosistem Kasus............................................................... 28

4.2. Sejarah Singkat Agrosistem Kasus............................................................ 28

4.3. Identifikasi Sumberdaya..........................................................................     29

4.3.1. Sumberdaya Lahan dan Bangunan................................................     29

4.3.2. Sumberdaya Peralatan..................................................................... 31

4.3.3. Sumberdaya Manusia...................................................................... 35

4.3.4. Sumberdaya Finansial..................................................................... 37

4.4. Analisis Kinerja Usaha ............................................................................ 38

4.4.1. Kinerja Proses.................................................................................. 39

4.4.2. Kinerja Hasil.................................................................................... 43

4.5. Peta Kinerja Agrosistem Kasus................................................................ 49

V. PROBLEMATISASI.................................................................................... 51

5.1. Analisis Masalah Pengembangan Agrosistem.......................................... 51

5.1.1. Identifikasi Masalah....................................................................... 51

5.1.2. Penentuan Masalah Utama............................................................. 55

5.1.3. Struktur Pohon Masalah................................................................. 56

5.2. Analisis Sasaran Pengembangan Agrosistem........................................... 56

5.2.1.Penetapan Sasaran........................................................................... 57

5.2.2. Penentuan Sasaran Utama.............................................................. 58

5.2.3. Struktur Pohon Sasaran.................................................................. 58

VI. DESAIN TINDAKAN................................................................................ 60

6.1. Analisis Alternatif Tindakan Pengembangan Agrosistem........................ 60

6.1.1. Alternatif Tindakan........................................................................ 60

6.1.2. Analisis Keputusan......................................................................... 63

6.1.3. Tindakan Terpilih........................................................................... 66

6.2. Matriks Perencanaan Dan Pengembangan Agrosistem............................ 66

6.3. Rencana Tindakan..................................................................................... 70

VII. REFLEKSI .................................................................................................... 71

7.1. Aspek Pengentahuan...................................................................................      75

7.2. Aspek Keterampilan....................................................................................      76

7.3. Aspek Sikap................................................................................................      77

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                       Teks                                                   Halaman

1......... Sumberdaya Lahan dan Bangunan Usaha Roti NIA BAKERY...40.

2......... Penyusutan Alat Pada Usaha Roti NIA BAKERY..................................   40

3......... Sumber Daya Manusia Usaha Roti NIA BAKERY.................................. 46

4......... Sumberdaya Finansial Usaha Roti NIA BAKERY................................... 48

5......... Biaya Investasi Usaha Roti NIA BAKERY.............................................. 50

6......... Biaya Tetap Usaha Roti NIA BAKERY................................................... 50

7......... Biaya Variabel tetap Usaha Roti NIA BAKERY...................................... 55

8          Analisis Produksi dan Pendapatan Usaha Roti NIA BAKERY Tiap

Bulan ......................................................................................................... 55

9......... Identifikasi  Masalah yang Dihadapi oleh Usaha Roti NIA BAKERY... 60

10....... Daftar Fakta, Masalah dan Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY ..................

11....... Analisis Keputusan Usaha Roti NIA BAKERY....................................... 65           

12....... Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY.........   

13....... Analisis Keputusan Usaha Usaha Roti NIA BAKERY........................... 64           

14        Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY.........

15       Analisis Keputusan Usaha Roti NIA BAKERY....................................... 65

16....... Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha Roti NIA BAKERY....... 66

17....... Matriks Perancangan dan Pengembangan Usaha Roti NIA BAKERY... 67

 

18        Matriks Tindakan Usaha Roti NIA BAKERY......................................... 68

 

19....... Rencana Kerja Tindakan Pengembangan Agrosistem di Usaha Roti NIA BAKERY          69

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                          Teks  Halaman

1.                  Sketsa Bangunan (layout) Usaha Roti NIA BAKERY............................ 30

2.                  Struktur Organisasi Usaha Roti NIA BAKERY...................................... 36

3.                  Proses Produksi Pabrik Usaha Roti NIA BAKERY................................. 41

4.                  Proses Pemasaran Usaha Roti NIA BAKERY ........................................  42

5.                  Proses Pemasaran Usaha Roti NIA BAKERY......................................... 43

6.                  Peta kinerja agrosistem pada Usaha Roti NIA BAKERY........................ 49

7.                  Struktur Pohon Masalah Usaha Roti NIA BAKERY............................... 56

8.                  Struktur Pohon Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY............................... 59

9.                  Struktur Pohon Sasaran Usaha Roti NIA BAKERY................................ 62

10.              Proses wawancara terhadap pemilik Usaha Roti NIA BAKERY............ 75

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I.  PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Indonesia adalah negara agraris yang memiliki potensi besar dalam keanekaragaman sumberdaya alam yang bisa memberikan keuntungan baik secara finansial maupun dalam menjaga keharmonisan alam. Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat pentingdalam pembangunan perekonomian di indonesia (sigit, 2008).

Membangun pertanian hendaknya tidak diartikan hanya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan perkebunan saja, akan tetapi harus meliputi semua kegiatan usaha dalam meningkatkan kesejahteraan, derajat dan martabat kaum tani indonesia. Salah satu kegiatan usaha yang juga diperlukan mendapatkan perhatian dalam hal ini adalah pembuatan Roti .Pertimbangan untuk pembuatan roti  ini selain menguntungkan, juga memberikan dampak positif dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Pertumbuhan sektor pertanian menunjukkan penyerapan tenaga kerja sebesar 37,83 % (43,03 juta orang), dengan total angkatan kerja 113,74 juta orang dan jumlah pengangguran terbuka yang dapat ditekan sebesar 8,14 % (9,26 juta orang). Adanya agroindustri pembuatan roti mempunyai peranan penting dalam memajukan pertanian, karena dapat  mensupply kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian dalam sektor pertanian.Oleh karena itu, perhatian dari pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha ini. Pengembangan produk unggulan agroindustri memerlukan upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing.Untuk itu diperlukan manajemen pengelolaan profesional pada seluruh komponen sistem mulai dari pengelolahan, transportasi atau distribusi dan pemasaran.Karena perbatasan sumberdaya yang dimiliki, maka diperlukan adanya skala prioritas dalam pengembangan agroindustri sehingga diperoleh hasil yang optimum dari setiap penggunaan sumberdaya.

NIA BAKERY merupakan salah satu industri lokal yang bergerak dalam bidang pembuatan Roti dan juga bagian dari persaingan yang sedang terjadi di dunia bisnis, NIA BAKERY terletak di ancol timur no 2 di kab.PINRANG.. ROTI yang diproduksi perusahaan ini berbagai jenis roti,brownis dan cake yang bahan bakunya dibeli dari toko bahan kue dari pinrang dan makassar, produk yang telah diolah kemudian dipasarkan di beberapah kios-kios  seperti kota pinrang,bone,enrekang,sidrap,kota parepare dan beberapa daerah di Sulawesi Selatan,. NIA BAKERY mempunyai beberapa masalah antara lain ketahanan produk tdk biasa tahan lama,tenaga kerja kurang produktivitas ,luas ruang produksi kurang luas, dll.

1.2.  Sasaran Belajar

Sasaran belajar yang ingin dicapai dalam Praktik kerja lapang (PKL) ini yaitu :

a)  Aspek Pengetahuan

1.    Untuk mengetahui sistem–sistem manajemen yang ada di UKM di NIA BAKERY

2.    Untuk mengetahui cara memasarkan dan memproduksi Di UKM NIA BAKERY

b)  Aspek Keterampilan

1.    Terampil dalam membuat ROTI di NIA BAKERY Serta alat–alat yang ada di UKM NIA BAKERY

2.    Terampil dalam memasarkan produk Roti

c.    Aspek Etika

1. Menghargai setiap masukan yang di berikan oleh pimpinan UKM. NIA BAKERY

2.  Serta saling menghargai dengan pegawai yang lain.

1.3 Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Kegitan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan di NIA BAKERY,Ancol timur no.2, Jl.Rappang, kab.Pinrang  Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Maret12 April 2021

1.4 Penentuan Posisi Penilaian

Pada praktik kerja lapang ini, kami bertindak sebagai pengamat karena kami mengamati proses produksi dan mengerjakan sendiri dari proses bahan baku sampai kegiatan pemasaran dari produk NIA BAKERY

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Usaha Roti

Roti  tentu sudah banyak yang tahu dengan jenis produk Roti satu ini.Roti dibuat dari tepung,dan bahan” lainya. Dengan bahan dasar tepung terigu ,margarin gula dan pernifan yang di olah menjadi berbagai  produk roti . Permintaan pasar akan roti ini pun cukup tinggi, karena memang roti biasa dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai jenis makanan atau camilan. Kebutuhan akan Roti yang banyak ini membuat peluang usaha Roti yang layak untuk dicoba.

Produk roti  ini bisa dijadikan sebagai usaha dengan prospek keuntungan yang menarik.Target pasar pada usaha roti cukup tinggi, hampir semua kalangan masyarakat membutuhkan tepung sagu. Proses pembuatan roti ini pun sangat mudah dan simple, sehingga siapa saja bisa mencobanya asalkan mengetahui teknik pembuatan roti dengan baik.Dalam menjalankan usaha roti ini maka membutuhkan modal yang cukup besar, sebab dalam mengolah roti ini memerlukan peralatan yang memadai dan berkapasitas besar supaya kegiatan produksi bisa berjalan secara maksimal.Bahan baku roti dapat diperoleh dari toko-toko dan swalayan bahan kue .

2.1  Biaya

Biaya Menurut Mulyadi: “Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu.”. Dari definisi ini, ada empat unsur pokok dalam biaya, yaitu:

1) Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi

2) Diukur dalam satuan uang

3) Yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi

4) Pengorbanan tersebut untuk memperoleh manfaat saat ini dan/atau mendatang Dengan demikian, biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dengan satuan uang, untuk memperoleh barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat saat ini maupun akan datang. Pengorbanan sumber ekonomis tersebut bisa merupakan biaya historis dan biaya masa yang akan datang. Sedangkan dalam arti sempit biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva atau secara tidak langsung untuk memperoleh penghasilan, disebut dengan harga pokok

2.1.1 Analisis Biaya

Untuk menghitung total biaya produksi dapat dihitung dengan menggunakan rumus TC = TVC + TFC.

Keterangan :

TC = Total Biaya

TVC = Total Biaya Variabel (dalam rupiah)

TFC = Total Biaya Tetap (dalam rupiah) (Sumber : Suratiyah 2008, h.38)

 

2.1.2 Pendapatan

Pendapatan dapat diartikan arus masuk aktiva dan atau penyelesaian kewajiban dan penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa, dan aktivitas pencarian laba lainnya yang merupakan operasi yang utama atau besar yang berkesinambungan selama suatu periode.Pendapatan yang dihasilkan dapat terjadi setiap saat dan dapat juga terjadi pada waktu tertentu secara berkala (Johan 2011, h.61).

Pendapatan pada prinsipnya mempunyai sifat menambah atau menaikkan harta atau menurunkan kewajiban perusahaa, tetapi tidak semua yang menambah atau menaikkan harta/kekayaan perusahaan dapat dikategorikan pendapatan seperti halnya penilaian kembali aktiva tetapi meningkatkan harta perusahaan sehingga menimbulkan perkiraan baru yaitu perkiraan penyusaian modal. Pendapatan juga meliputi semua sumber ekonomi yang diterima perusahaan, dari transaksi penjualan barang atau jasa kepada pihak lain seperti pertukaran aktiva bunga atau sebagainya (Firdaus 2008, h.35)

2.1.3 Pendapatan Usaha

Pendapatan menurut Ibrahim (2008, h.62), dalam pengertian ilmu ekonomi adalah hasil berupa uang atau material lainnya, yang dicapai dari penggunaan kekayaan atau jasa-jasa manusia bebas. Pendapatan adalah “arus masuk atau peningkatan lainnya atas aktiva sebuah entitas atau penyelesaian kewajiban (atau kombinasi dari keduanya) selama satu periode dari pengiriman atau produksi barang, penyediaan jasa atau 8 aktivitas lain yang merupakan operasi utama atau sentral entitas yang sedang berlangsung” (Umar 2009, h.41).

Dalam konteks akutansi, kata “Income diartikan sebagai penghasilan dan kata revenue sebagai pendapatan, penghasilan (income) meliputi baik pendapatan (revenue) maupun keuntungan (gain)”. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang terkenal dengan sebutan berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa (fees), bunga, deviden, royalti dan sewa. Definisi tersebut memberi pengertian yang berbeda dimana income memberikan pengertian pendapatan yang lebih luas, income meliputi pendapatan yang berasal dari kegiatan operasi normal perusahaan maupun yang berasal dari luar operasi normal.Sedangkan revenue merupakan penghasilan dari penjualan produk, barang dagangan, jasa dan perolehan dari setiap transaksi yang terjadi.

Menurut Suratiyah (2008, h.39), pendapatan dihitung melalui pengurangan antara penerimaan dengan total biaya untuk satu kali proses produksi, dihitung dengan rumus :

Pendapatan : TR = P.Q

Keterangan :

TR = Penerimaan Total (dalam rupiah)

 P = Harga Jual Per unit (dalam rupiah)

 Q = Jumlah Produksi (unit)

2.3 Tinjauan Ekonomi produk roti

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam rangka mengembangkan agroindustri roti adalah memutuskan dan menyerahkan pengembangan dan pembinaan komoditas roti pada salah satu dinas teknis. Ini akan menuntun pemerintah melalui dinas terkait untuk lebih serius melakukan langkah operasional dalam pengembangan baik dari sisi peningkatan produksi agar bahan baku industri tersedia secara kontinu (Disperta/Perkebunan), pengolahan dan 11 pemasaran (Disperindag), teknologi (BPTP), maupun kelembagaan (KIPP) (Pangloli dan Royaningsih 2006, h.39).

Pengembangan agroindustri roti sebaiknya diprioritaskan untuk mendorong perkembangan agroindustri kecil dan menengah di pekampongan.Karena subsistem pengolahan merupakan kelanjutan dari subsistem produksi maka bisa berperan sebagai bagian dari pendekatan permintaan.Teknologi yang kurang diadopsi memerlukan rekayasa ulang untuk menciptakan teknologi yang prosedur kerjanya lebih mudah dan murah. Kapasitas olah perlu disesuaikan dengan kemampuan ketersediaan bahan baku namun tetap dengan pertimbangan ekonomis.

Agar kegiatan agroindustri roti ini bisa berkembang dipasar yang dapat memenuhi permintaan pasar lokal maupun ekspor. Pada tahap awal, pembentukan kerjasama ini perlu difasilitasi oleh pemerintah terutama dalam pembangunan infrastruktur, akses terhadap permodalan, pembinaan kewirausahaan dan promosi pasar (Johan 2011, h.39)

2.2.2 Proses Pembuatan Roti

Pada dasarnya, roti  dibuat dari tepung terigu , margarin  Tahapan proses pembuatan roti secara umum meliputi: penyediaan alat dan bahan ,penimbangan bahan yang akan di olah,pengadukan menggunakan mixer,menimbang adonan 50 gram ,menyusun adonan yang sudah ditimbang di talanan besi ,mengisi adonan dengan coklat. Dibiarkankan sampai mengembang, setelah mengembang dipanggang di oven ,setelah itu dikemas.

Ditinjau dari cara dan alat yang digunakan, pembuatan roti yang dilakukan di daerah-daerah pembuatan roti di Indonesia saat ini dapat dikelompokkan atas cara modern dan traditional, semi-mekanis dan mekanis (Kindangen dan Malia 2006, h.51)

a.     Pembuatan Roti secara Tradisional Pada umumnya cara ini banyak dijumpai di Maluku, Papua, Sulawesi dan Kalimantan. Pembuatan roti secara tradisional umumnya diusahakan oleh penduduk setempat, dan digunakan sebagai  makanan pokok seharihari (Kindangen dan Malia 2003, h.52).

b.      Pembuatan Roti secara Semi-mekanis

Pembuatan roti secara semi-mekanis pada prinsipnya sama dengan cara tradisional dan modern

c.       Pembuatan roti secara Mekanis

Pada pembuatan roti secara mekanis ini, urut-urutan prosesnya sama dengan cara semi-mekanis. Akan tetapi, pembuatan roti  dengan cara mekanis ini dilakukan melalui suatu sistem yang lanjutan , d

d.      Ciri-ciri dan Sifat roti merupakan salah satu sumber kalori; dan juga mengandung beberapa komponen lain, seperti mineral fosfor. Jumlah kalori dan kandungan kimia dari setiap 100 gram roti . Komponen yang paling dominan dalam tepung sagu adalah pati. Pati adalah karbohidrat yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk persediaan bahan makanan. Pati ini berupa butiran atau granula yang berwarna putih mengkilat, tidak berbau, dan tidak mempunyai rasa. Granula pati mempunyai bentuk dan ukuran yang beraneka ragam sesuai dengan sumbernya. Pati sagu berbentuk elips lonjong, dan berukuran relatif lebih besar dari pati serealia (Pangloli dan Royaningsih 2008, h.47).

e.        Pemanfaatan roti Bagi sebagian masyarakat Indonesia seperti penduduk di Papua dan Maluku, dan sebagian Sulawesi seperti Kendari dan Luwu/Palopo,

2.2 Faktor Produksi

Produksi adalah  suatu kegiatan yang dapat menciptakan gunabaikwaktu,  bentukmaupuntempat dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia.Produksi tersebut dapat berupa barang ataupun jasa  tetapi     Produksi   diartikan  juga  sebagai  suatu  kegiatan mengubah sumber-sumber ke dalam produk atau proses mengubah input menjadi output (Nugroho dan Setiadi, 2008).

Faktor produksi adalah segala sesuatu yang digunakan untukmenghasilkanbarang danjasa dalam rangka menambah manfaat suatu barang atau jasa.Faktor produksi terdiri atas faktor produksi asli dan faktor produksi turunan. Faktor produksi asli meliputi  faktor  produksi alam  dan  faktor  produksi  tenagakerja. Faktor produksi turunan meliputi faktor produksi modal faktor produksi pengusaha (Harahap Sofyan, 2008).

Dalam perekonomian faktor-faktor produksi dapat dibedakan menjadi kepadaempat jenis berikut tanahkekayaan alam, tenagakerja, modal dan  Entrepreneur.

1. Tanah dan kekayaan alam

Tanah dan kekayaan alam merupakan unsur pokokyang digunakan untuk menghasilkan barang.Tanah mempunyai dua fungsiyang penting dalam kegiatan memproduksi. Fungsinya yang pertama adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ekonomi.Jalan, bangunan kantor,pertokoan dan lokasi pabrik memerlukan sebidang tanah untuk dikembangkan.

2. Tenagakerja

Sumberdaya manusia sangat diperlukan dalam berproduksi. Secanggih apa pun mesinnya,pasti memerlukan tenaga kerja manusia untuk menjalankannya (Sadono Sukirno, 2004).

3. Modal

Operasi  sistemproduksi  membutuhkan modal. Dalam ekonomi manajeral,berbagai macam fasilitas peralatan, mesin mesin produksi, bangunan pabrik, gudang,dan lain-lain, dianggap  sebagai  modal.Biasanya  dalam   periode   jangka pendek, modal klasifikasikan sebagai input tetap.

 

 

4. Entrepreneur

Seorang entrepreneur adalah seorang yang menciptakan bisnisbaru,yang dengan siapa kan menghadapi risiko dan ketidakpastian yang bertujuanuntukmencapaikeuntungan melaluipengidentifikasianpeluang-peluang melalui kombinasi sumber daya diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya (Vincent, 2005).

. 2.3. Faktor Produksi

Produksi adalah  suatu kegiatan yang dapat menciptakan guna baik waktu, bentuk maupun tempat dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia.Produksi tersebut dapat berupa barang ataupun jasa  tetapi     Produksi   diartikan  juga  sebagai  suatu  kegiatan mengubah sumber-sumber ke dalam produk atau proses mengubah input menjadi output (Nugroho dan Setiadi, 2008).

Faktor produksi adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menghasilkan barang danjasa dalam rangka menambah manfaat suatu barang atau jasa.Faktor produksi terdiri atas faktor produksi asli dan faktor produksi turunan.Faktor produksi asli meliputi  faktor  produksi alam  dan  faktor  produksi  tenaga kerja. Faktor produksi turunan meliputi faktor produksi modal faktor produksi pengusaha (Harahap Sofyan, 2008).

Dalam perekonomian faktor-faktor produksi dapat dibedakan menjadi kepadaempat jenis berikut tanah kekayaan alam, tenaga kerja, modal dan  Entrepreneur.

1. Tanah dan kekayaan alam

Tanah dan kekayaan alam merupakan unsur pokokyang digunakan untuk menghasilkan barang.Tanah mempunyai dua fungsi yang penting dalam kegiatan memproduksi .Fungsinya yang pertama adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ekonomi.Jalan, bangunan kantor,pertokoan dan lokasi pabrik memerlukan sebidang tanah untuk dikembangkan.

2. Tenagakerja

Sumber daya manusia sangat diperlukan dalam berproduksi. Secanggih apa pun mesinnya,pasti memerlukan tenaga kerjamanusia untuk menjalankannya (Sadono Sukirno, 2004).

3. Modal

Operasi  system produksi  membutuhkan modal. Dalam ekonomi manajeral,berbagaima cam fasilitas peralatan, mesin mesin produksi, bangunan pabrik, gudang,dan lain-lain, dianggap  sebagai  modal.Biasanya  dalam   periode   jangka pendek, modal klasifikasikan sebagai input tetap.

4. Entrepreneur

Seorang entrepreneur adalah seorang yang menciptakan bisnis baru, yang dengan siapa kanmenghadapirisikodan ketidakpastianyang bertujuan untuk mencapai keuntungan melalui pengidentifi kasian peluang-peluang melalui kombinasi sumber daya diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya (Vincent, 2005).

 

 

2.4. Biaya Produksi

Definisi biaya produksi dan beberapa konsep biaya produksi. Biaya produksi dapat didefinisikan sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mem peroleh input produksi (faktor-faktor produksi) yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan produksi untuk memproduksi produksi produk yang akan ditawarkan ke pasar. Pada dasarnya terdapat dua konsep biaya produksi, yaitu: a) biaya produksi implisit dan b) biaya produksi eksplisit. Biaya produksi implisit merupakan biaya produksi yang tidak terlihat dalam laporan keuangan, sedangkan biaya produksi eksplisit merupakan biaya produksi yang terlihat dalam laporan keuangan.Contoh dari biaya produksi implisit adalah biaya kesempatan, sedangkan contoh dari biaya produksi eksplisit adalah biaya akuntansi, dan biaya ekonomi (Ari Darmawan. 2012).

Berdasarkan metode pembebanan biayanya,Kuswadi (2005) mengklasifikasikan jenis-jenis biaya kedalam biaya langsung dan biaya tidak langsung,yaitu:

1.   BiayaLangsung(directcost)

Biaya langsung adalah biaya yang langsung dibebankan pada objek atau produk, misalnya bahan baku langsung, upah tenaga kerja yang terlibat langsungdalam proses produksi, biayaiklan, ongkos angkut, dan sebagainya.

2.   BiayaTidakLangsung(indirect cost)

Biaya tidak langsung adalah biayayangsulit atau tidak dapat dibebankan secara langsung dengan unit produksi, misalnya gaji pimpinan, gaji mandor, biaya iklan untuk lebih dari satu macam produk,dan sebagainya.Biaya tidak langsungdisebut juga biayaoverhead.

Sementara Kuswadi (2005) juga menggolongkan biaya berdasarkan pola perilaku biaya yaitu:

1.   BiayaTetap(fixed cost)

Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap atau tidak berubah dalam rentang waktu tertentu, berapapun besarnya penjualan atau produksi perusahaan

2.   BiayaVariabel (variablecost)

Biaya variabel adalah biaya yang dalam rentang waktu dan sampai batas-batas tertentu jumlahnya berubah-ubah secara proporsional

3.   BiayaSemi Variabel

Biaya semi variabel adalah biaya yang sulit digolongkan kedalam kedua jenis biaya di atas (tidak termasuk kedalam biayatetap atau biayavariabel).

 

 

 

 

BAB III. METODE PRAKTIK KERJA LAPANG

3.1 Pendekatan Kasus Agrosistem

3.1.1 Penentuan Mitra Belajar

Dalam melakukan pemilihan agrosistem kasus dilakukan secara purposive, hal ini dikarenakan agrosistem yang dijadikan sebagai objek sasaran sebagai sumber informasi yang sesuai dengan tujuan dari penelitian dan sumber informasi tersebut sesuai dengan kriteria dari keinginan peneliti.

Karena usaha NIA BAKERY merupakan suatu usaha yang memproduksi tepung dan baha lainya menjadi roti dan dalam proses produksinya pun dalam jumlah yang banyak dan memiliki mitra yang cukup banyak dalam memasarkan produknya. Sehingga, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian pada usaha NIA BAKERY tersebut.

3.1.2 Metode Pendekatan Partisipatif

Metode pelaksanaan  dilakukan dengan cara wawancara mendalam (in deep interview) dan melakukan observasi langsung pada usaha NIA BAKERY Mahasiswa juga ikut serta dalam mengamati proses produksi pembuatan tahu secara langsung dilokasi penelitian.

 

 

 

 

3.2 Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Lokasi praktik lapang ini dilaksanakan di ancol timur,jln poros pinrang-rappang,kabupaten Pinrang

3.3 Penentuan Posisi Penilaian

Pada praktik kerja lapang ini, kami bertindak sebagai pengamat karena kami mengamati proses produksi dan mengerjakan sendiri dari proses bahan baku sampai kegiatan pemasaran dari produk NIA BAKERY.

3.4. Jenis dan Sumber Data

Jenis dan sumber data penelitian merupakan faktor yang penting yang menjadi pertimbangan yang menentukan metode pengumpulan data.Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data yang diambil dari responden pemilik dan karyawan dari usaha umkm di NIA BAKERY Kecamatan tiroang, kabupaten Pinrang, Sulawesi-Selatan.

Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data primer yang merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara).Data primer secara khusus dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian.Dalam penelitian ini data diambil berdasarkan kuesioner yang diwawancarakan langsung kepada responden pemilik dari NIA BAKERY  Kebupaten Pinrang, Sulawesi-Selatan.

3.5. Metode Analisis

3.5.1 Analisis Kinerja Proses

        Dalam kegiatan proses produksi roti untuk mencapai target perusahaan, maka diperlukan kinerja yang sesuai dengan potensinya. Seperti sumberdaya manusia, maka tenaga kerja/ karyawan haruslah memiliki potensi dalam membuat roti sumberdaya lahan dan bangunan, maka lokasinya harus ditempatkan pada situasi yang tidak dapat mengganggu aktivitas masyarakat sosial. Sumberdaya peralatan, maka peralatannya harus sesaui dengan kebutuhan saat proses produksi. Terakhir sumberdaya finansial, maka dibutuhkan modal yang cukup besar untuk dapat mencapai target, maka pemilik perusahaan harus mengeluarkan modal yang sesuai dengan target pasar.

3.5.2 Analisis Kinerja Hasil

Sebuah agrosistem tidak pernah lepas dengan suatu analisis kinerja yang dapat menjadi pengarah pengarah perusahaan itu sendiri. Analisis kinerja adalah suatu proses yang ada dalam lingkup perusahaan dan diluarnya serta hubungannya dengan proses yang lainnya. Analisis kinerja biasanya digunakan untuk melihat kondisi dari agrosistem atau perusahaan serta yang diperoleh dari agrosistem itu. Analisis kinerja terdiri atas proses pengadaan bahan baku, proses produksi, proses pemasaran serta pengendalian dampak lingkungan (Iyandri, 2009).

Suatu agrosistem akan berkembang jika memiliki kinerja yang terstruktur, oleh karena itu agrosistem manapun akan selalu lebih memperhatikan dan mengutamakan kinerja serta mencarikan solusi dari sistem kinerja yang berjalan lancar..Bbjh

1). Analisis Produksi dan Pendapatan

(Sukirno,2006). Rahardja dan Manurung (2001) mengemukakan pendapatan adalah total penerimaan (uang dan bukan uang) seseorang atau suatu rumah tangga dalam periode  tertentu. Berdasarkan kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendapatan merupakan penghasilan yang diterima oleh   masyarakat  berdasarkan  kinerjanya,  baik  pendapatan   uang maupun bukanuang selama periode tertentu ,baik harian,mingguan, bulanan maupun tahunan.

Untuk menghitung total biaya produksi dapat dihitung dengan menggunakan rumus

TC = TVC + TFC.

Keterangan : TC = Total Biaya

TVC = Total Biaya Variabel (dalam rupiah)

TFC = Total Biaya Tetap (dalam rupiah). (Sumber : Suratiyah 2008, h.38)

Mankiw (2011) menyebutkan bahwa pendapatan dirumuskan sebagai hasil perkalian antara jumlah unit yang terjual dengan harga per unit. Apabila dirumuskan secarama tematis maka hasilnya adalah:

TR = P xQ

Dimana:

TR  =total revenue

P   =price

Q   =quantity.

2). Analisis Kelayakan Usaha

Suatu jenis usaha dalam hal ini akan dinilai apakah pantas atau layak dilaksanakan didasarkan kepada beberapa kriteria tertentu yang ada.  Layak bagi suatu usaha  artinya  menguntungkan dari berbagai aspek.Analisis kelayakan usaha agribinis adalah upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan atau kepantasan untuk dikerjakan dari suatu jenis usaha, dengan melihat beberapa parameter atau kriteria kelayakan tertentu.  Dengan demikian suatu usaha dikatakan layak kalau keuntungan yang diperoleh dapat menutup seluruh biaya yang dikeluarkan, baik biaya yang langsung maupun yang tidak langsung.

Kelayakan merupakan kata kunci yang harus dipegang oleh para pengelola lembaga keuangan dan merupakan kriteria yang paling pokok dalam membiayai suatu jenis usaha.  Jadi, jangan sampai terjadi suatu pembiayaan diluncurkan tanpa ada analisis kelayakan. Maka dari itu, jika suatu usaha tidak layak, khususnya ditinjau dan segi ekonomi tetapi tetap dibiayai, maka resiko yang akan timbul adalah kemacetan usaha akibat dari kerugian. Bila modal usaha merupakan pinjaman dari suatu lembaga keuangan, maka akan  terjadi kemacetan atau tunggakan pengembalian.

Pada usaha skala kecil (mikro) disarankan paling tidak menggunakan BEP dan R/C ratio atau B/C ratio sebagai alat analisis kelayakan agribisnis.       

1.  Titik Pulang Pokok (Break Event Point/BEP)

BEP adalah situasi dimana suatu usaha tidak mendapatkan keuntungan tetapi juga tidak menderita kerugian usaha. Ditinjau dari sisi pengelola, situasi BEP bukan berarti merugi secara keuangan, hanya saja dari segi waktu mereka rugi karena waktu selama produsi (usaha) tidak memperoleh pendapatan lebih sebagai keuntungan usaha.

Ada 2 (dua) pendekatan penetapan BEP, yaitu :

a.  BEP Unit

Yaitu jumlah produksi (unit) yang dihasilkan dimana produsen pada posisi tidak rugi dan tidak untung. Dengan kata lain BEP satuan menjelaskan jumlah produksi minimal yang harus dihasilkan oleh produsen.

b.  BEP Harga

Yaitu tingkat atau besarnya harga per unit suatu produk yang dihasilkan produsen pada posisi tidak untung dan tidak rugi.  Dengan kata lain BEP harga menjelaskan besarnya harga minimal perunit barang yang ditetapkan produsen.  Dari pengertian ini maka besaran BEP harga besaran nilainya sama dengan besaran HPP.

2.   R/C Ratio

R/C ratio adalah besaran nilai yang menunjukan perbandingan antara Penerimaan usaha (Revenue = R) dengan Total Biaya (Cost = C).  Dalam batasan besaran nilai R/C dapat diketahui apakah suatu usaha menguntungkan atau tidak menguntungkan.  Secara garis besar dapat dimengerti bahwa suatu usaha akan mendapatkan keuntungan apabila penerimaan lebih besar dibandingkan dengan biaya usaha.

Ada 3 (tiga) kemungkinan yang diperoleh dari perbandingan antara Penerimaan (R) dengan Biaya (C), yaitu : R/C = 1;  R/C > 1 dan  R/C < 1.

Namun demikian oleh karena adanya unsur keuntungan sebesar 0,3 maka  analisis kelayakan dari R/C ratio adalah :

a.  R/C > 1,3 = Layak / Untung

b.  R/C = 1,3 = BEP

c.   R/C < 1,3 = Tidak Layak / Rugi.

3.  B/C Ratio

B/C ratio adalah besaran nilai yang menunjukan perbandingan antara Laba Bersih (Benefit = B) dengan Total Biaya (Cost = C).  Dalam batasan besaran nilai B/C dapat diketahui apakah suatu usaha menguntungkan atau tidak menguntungkan.

Oleh karena adanya unsur keuntungan sebesar 0,3 maka analisis kelayakan dari B/C ratio adalah :

a.  B/C > 0,3 = Layak / Untung

b.  B/C = 0,3 = BEP

c.   B/C < 0,3 = Tidak Layak / Rugi.

4.     Payback Period

Payback period adalah kemampuan suatu perusahaan didalam mengembalikan semua modal/investasi yang ditanam.Payback Period dinyatakan dalam satuan waktu, misal bulan atau tahun.Payback period digunakan sebagai salah satu pertimbangan yang melengkapi dalam menganalisis kelayakan suatu usaha, karena dari payback period dapat diketahui jangka waktu pengembalian seluruh modal investasi.  Semakin pendek waktu pengembalian maka semakin layak suatu usaha, hal ini berarti pula karena semakin besar laba bersih yang diperoleh perusahaan.

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV. DESKRIPSI AGROSISTEM

4.1 Visi dan Misi Agrosistem Kasus

Menurut Wibisono, 2006. Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa Visi merupakan pernytaaan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sngat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dimasa yang akan dating.  Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangakn detail gambaran system yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi leh suatu pernyataan visi, yaitu:

Adapun visi dan misi NIA BAKERY : “Visi NIA BAKERY dalam menjalankan kegiatan pemasaran produk roti  adalah Mewujudkan ROTI yang lebih unggul dan Berkualitas”. Adapun “Misi NIA BAKERY adalah Memasyarakatkan gaya hidup sehat NIA BAKERY melalui kemitraan usaha mandiri”.

4.2 Sejarah Singkat Agrosistem Kasus

Usaha NIA BAKERY di dirikan pada  di tahun 2010 di Ancol;,Pinrang, usaha ini merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner, yang membuat berbagai macam roti yang siap dipasarkan. Usaha ini telah banyak mensupply toko / kios” dan bekerja sama dengan para pedagang di beberapa daerah. Sehingga permintaan setiap minggunya juga terbilang banyak.

Awalnya pemilik perusahaan dari NIA BAKERY melihat betapa besarnya peluang dari bisnis roti  karena permintaan pasarnya juga semakin tinggi dan . ide bisnis itu mulai muncul. Owner dari NIA BAKERY mengambil peluang bisnis tersebut

NIA BAKERY memiliki tujuan membantu masyarakat menjadi unit-unit usaha yang berkemampuan untuk melaksanakan transaksi bisnis di tingkat global, memberi bantuan teknis yang bertujuan  untuk meningkatkan produktivitas, mengembangkan dan memperlancar teknologi pengolahan yang dekat dengan sumber bahan dasar yang menghasilkan beberapa produk bernilai tambah dan bertindak sebagai penengah yang adil dalam rantai perdagangan antar petani dan pembeli.

Nia Bakery didirikan oleh ibu hj andi rabania . Beliau lahir di Ancol pada tanggal 23 april  1979. Pada tahun 2011 ia mendirikan sebuah usaha bernama NIA BAKERY yaitu sebuah usaha Pembuatan roti berskala kecilBeliau merupakan lulusan smk pinrang

Beliau Beliau mempunyai seorang suami dan 2 orang anak yang tidak pernah berhenti memberikan semangat untuk beliau. Perjalanan hj andi rabania,  dalam membangun usahanya tak luput dari pasang surut, namun berkat dukungan keluarga usaha yang ia rintis dapat bertahan hingga saat ini.

4.3    Identifikasi Sumberdaya

4.3.1   Sumberdaya Lahan dan Bangunan

Sumber daya lahan dan bangunan merupakan sumber daya yang wajib ada dalam sebuah usaha.Sumber daya ini sangat penting diperlukan karena disinilah tempat berlangsungnya semua kegiatan dalam sebuah agrosistem.Selain itu sumber daya lahan dan bangunan juga merupakan harga tetap yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan.

Salah satu sumber daya yang paling penting dalam mendirikan sebuah unit usaha yaitu lahan dan bangunan.Karena suatu unit usaha dapat berdiri ketika sudah memiliki lokasi/tempat yang digunakan untuk membangun suatu usaha.

Tanah sebagai sumberdaya lahan merupakan sumberdaya yang sangat penting artinya bagi pelaksanaan suatu bentuk usahatani.Tanah yang fungsinya jamak adalah unsur dan tumpuan harapan utama bagi kelangsungan hidup umat manusia.Tidak satupun segi kehidupan manusia yang dapat terlepas dari keberadaan tanah, baik secara langsung maupun tidak langsung (Hernanto, 1989).

Lahan yang dimiliki oleh NIA BAKERY merupakan lahan sendiri yang dibangun pada tahun 2000 dengan luas lahan 20 x 20 m  yang berdiri di Ancol jln rappang ,kabupaten pinrang .

Berikut ini sumberdaya lahan dan bangunan yang dimiliki Usaha Pembuatan Roti NIA BAKERY :

Tabel 1. Sumberdaya Lahan dan Bangunan pabrik ROTI NIA BAKERY

No.

Sumber Daya

Luas Lahan (m2)

Status Kepemilikan Lahan

Nilai (Rp)

Sewa

Milik

1

Lahan

200

 

.

97.000.000

2

Bangunan:

Tempat produksi

 

200

 

 

.

 

100.000.000

 

Total

 

 

 

197.000.000

Sumber : Data Primer Setelah Diolah, 2021.

Berdasarkan pada tabel diatas  lahan yang digunakan sebagai tempat produksi adalah lahan milik pribadi, Dengan luas lahan (10 x 20m2) yang dibeli seharga Rp 97.000.000. Modal yang digunakan untuk membangun tempat produksi yaitu Rp.100.000.000, Sehingga total pengeluaran untuk sumberdaya lahan dan bangunan yang dikeluarkan NIA BAKERY yaitu Rp 197.000.000.

 

 

Sketsa

1

2

5

4

3

 

 

 

 

 

 

 

 


Keterangan ;

1.      Ruang Penyimpanan Bahan baku  baik berbentuk basah dan kering.

2.      Gudang 2 yang merupakan gudang pertama penyimpanan bahan baku dengan jumlah yang banyak.

3.      Tempat proses pembuatan roti.

4.      Tempat proses pengemasan pada roti nia bakery

5.      Tempat atau gudang penyimpanan roti yang sudah diolah sebelum didistribusikan.

4.3.2   Sumberdaya Peralatan

Peralatan adalah segala keperluan yang digunakan manusia untuk mengubah alam sekitarnya, termasuk dirinya sendiri dan orang lain dengan menciptakan alat-alat sebagai sarana dan prasarana. Oleh karena itu, peralatan merupakan hasil dari teknologi yang digunakan untuk membuat sesuatu, memakai dan memeliharanya untuk menopang kebutuhan hidup manusia tersebut.

Sumberdaya peralatan merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperlancar kegiatan dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Keberhasilan perusahaan ditentukan oleh keseluruhan komponen yang berkaitan dengan keberadaan   perusahaan   baik  yang mempunyai kedudukan di dalam perusahaan maupun diluar perusahaan. Faktor yang berkaitan langsung dengan keberhasilan perusahaan adalah tenaga kerja, sarana dan peralatan serta faktor manajemen yang dapat mendorong ukmanya produktivitas usaha.

Setiap peralatan yang digunakan pasti akan mengalami penyusutan sepanjang tahun dan nilainya akan berkurang sesuai dengan umur alat tersebut. Menghitung nilai penyusutan dapat dilakukan dengan menggunakan metode garis lurus, yaitu besarnya nilai penyusutan sama dengan nilai atau harga barang dikali dengan persentase penyusutan (amortisasi), sedangkan persentase penyusutan (amortisasi) dapat dihitung dengan membagi 100% dengan perkiraan masa produktif suatu barang.Untuk menghitung penyusutan alat untuk setiap tahunnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus penyusutan alat, dengan rumus sebagai berikut:

Keterangan :

NPA                : Nilai Penyusutan Alat (Rp/Tahun)

NB:                 : Nilai Baru (Rp) adalah nilai alat saat pertama dibeli

NS:                    : Nilai Sekarang (Rp) adalah nilai sisa alat setelah dipakai.

LP                   : Lama Pemakaian (Tahun)

Umur teknis dan penyusutan alat yang diamati pada praktik kerja lapang (PKL) dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Umur Teknis dan Nilai Penyusutan AlatUsaha Pembuatan Tepung Sagu

No.

Jenis

Jumlah

(Unit)

Nilai Baru

(Rp)

Nilai Sekarang (Rp)

Lama Pemakaian (Tahun)

Nilai Penyusutan (Rp/Thn)

1.

Mesin pengaduk

1

10.000.000

7.500.000

10

2.500.000

2.

Oven gas

2

9.000.000

5000.000

10

4000.000

3

4

5.

Talangan

Timbangan

Rak besi

30

1

3

100.000

5.000.000

4000000

50.000

3000.000

3500000

10

5

5

50.000

4.250.000

500000

Total

 

 

11.300.000

Sumber,Data Primer Setelah Diolah, 2021

Berdasarkan Tabel diatas nilai penyusutan mesin pengaduk yaitu 2.500.000, penyusutan pada oven gas  yaitu sebesar 4000.000, sedangkan talangan mengalami penyusutan sebesar 50.000 dan alat timbangan mengalami penyusutan alat sebesar 4.250.0000, rak besi mengalami penyusutan 500000 Sehingga total penyusutan alat di NIA BAKERY sebesar 11.300.000

 

Adapun peralatan-peralatan yang digunakan yang dalam pembuatan roti  yaitu :

 

1.    Timbangan Digital

Digunakan untuk menimbang berat atau massa pada produk agar sesuai dengan takarannya.

2.      Oven gas

3.      Mixer/pengaduk

 

4.3.3   Sumberdaya Manusia

Secara singkat sumberdaya manusia sebagai tenaga kerja.Menurut Marwansyah 2010, manajemen sumberdaya manusia dapat diartikan sebagai pendayagunaan sumberdaya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan melalui fungsi-fungsi perencanaan sumberdaya manusia, rekrutmen dan seleksi, pengembangan sumberdaya manusia, perencanaan dan pengembangan karir, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja dan hubungan industrial.

Sumberdaya manusia yang diamati pada praktik kerja lapang (PKL) dapat dilihat sebagai berikut :

Karyawan

1.      Halijah

2.      Ana

3.      Dalle

 

Pemasaran

Ahmad fady ubaid

Manajer produksi

Muhammad Aidil fitrah

CEO

Hj. Andi Rabania

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 9.Struktur Organisasi Nia Bakery

Sumberdaya manusia yang digunakan oleh pabrik Roti Nia Bakery adalah tenaga kerja keluarga dan luar keluarga, ada 3 orang karyawan.1 orang dibagian produksi dan 1 orang di bagian pemasaran.

Tabel 3.Sumber Daya Manusia  NIA BAKERY

No.

Nama

Umur (thn)

Pendidikan Terakhir

Jabatan

Lama Bekerja (tahun)

Gaji Per Bulan (Rp)

1.

Hj andi rabania

42

SMA

Pimpinan

13

               -

2.

Muhammad aidil fitrah

18

SMA

Manager Produksi

3

               -

3.

Ahmad Fadly ubaid

16

SMA

Manager pemasaran

3

-

4

5.

6.

 

Halijah

Ana

Dalle

 

49

35

30

 

SMA

SMA

SMA

 

Produksi

Produksi

Produksi

8

8

8

800.000

       800.000      

       800.000

 

Sumber : Data Primer setelah diolah, 2021.

Berdasarkan pada tabel 3 dapat diketahui bahwa jumlah tenaga kerja dari NIA BAKERY adalah 3 orang.Dengan rata-rata pendidikan akhir adalah SMA. Upah yang di dapat oleh para pekerja adalah sebesar Rp 800.000/bulan.

4.3.4   Sumberdaya Finansial

Sumberdaya finansial adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh sebuah pengusaha yang berupa uang tunai maupun dengan barang-barang bernilai dan dapat diuangkan untuk kebutuhan perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Sumberdaya ini dapat dimanfaatkan seefisien mungkin melalui perencanaan dan pengelolaan yang tepat, sehingga pengalokasian dana yang digunakan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Sumberdaya yang sangat penting dimiliki oleh perusahaan adalah sumberdaya finansial.Hal ini menjadi sangat penting karena sumberdaya finansial mencakup masalah keuangan yang berada dalam lingkup perusaahan.Dengan adanya sumberdaya finansial, suatu perusahaan dapat mengetahui tentang masalah keuangan yang ada pada perusahaan tersebut agar perusahaan dapat mengetahui keuntungan dan kerugian, serta pendapatan dan pengeluaran sebagai penunjang dari pengembangan usaha pada perusahaan yang ada (Harahap, 2009).

Tabel 4. Sumberdaya Finansial NIA BAKERY

AKTIVA

PASSIVA

Harta Lancar

Kas Rp. 263.424.000

Hutang

 

LancarRp. 5.000.000

 Hutang J.P   199.425.000

Jumlah harta

LancerRp. 263.424.000

Jumlah utang204.425.000

 

Harta tetap

Lahan    Rp 97.000.000

Bangunan  Rp 150.000.000

Peralatan Rp30.000.000

Modal sendiri = 277.00.000

Jumlah harta

TetapRp. 277.000.000

 

TOTAL AKTIVA Rp. 540.424.000

TOTAL PASSIVA Rp 540.424.000

Sumber :Data Primer yang Telah Diolah, 2021.

Berdasarkan Tabel 4, menunjukkan bahwa jumlah total aktiva yaitu sebesar Rp. 540.424.000 yang terdiri dari penjumlahan dari total harta lancar dengan total harta tetap. Kemudian untuk jumlah total passive sebesar RP. 540.424.000, dengan utang lancar berupa gaji tenaga kerja sebesar Rp. .2 400.000, abdomen listrik sebesar Rp. 1.000.000 serta pemeliharaan alat Rp. 7.425.000 dan modal sebesar Rp. 277.000.000

 

4.4    Analisis Kinerja Usaha

Sebuah agrosistem tidak pernah lepas dengan suatu analisis kinerja yang dapat menjadi pengarah pengarah perusahaan itu sendiri. Analisis kinerja adalah suatu proses yang ada dalam lingkup perusahaan dan diluarnya serta hubungannya dengan proses yang lainnya. Analisis kinerja biasanya digunakan untuk melihat kondisi dari agrosistem atau perusahaan serta yang diperoleh dari agrosistem itu. Analisis kinerja terdiri atas proses pengadaan bahan baku, proses produksi, proses pemasaran serta pengendalian dampak lingkungan (Iyandri, 2009).

Suatu agrosistem akan berkembang jika memiliki kinerja yang terstruktur, oleh karena itu agrosistem manapun akan selalu lebih memperhatikan dan mengutamakan kinerja serta mencarikan solusi dari sistem kinerja yang berjalan lancar..

4.4.1. Analisis Kinerja Proses

a. Proses Investasi

Proses investasi adalah keputusan yangberkesinambungan (on goin process) dengan tahap-tahap penentuan tujuan, penentuan kebijakan, pemilihan strategi dan pengukurandan evaluasi kinerja portofolio.Husnan (1998) menjelaskan bahwa proses investasi menunjukkan bagaimana pemodal seharusnya melakukan investasi dalam sekuritas yaitu menyangkut sekuritas yang akan dipilih, seberapa banyak investasi tersebut, dan kapan investasi akan dilakukan.

Tabel 5. Biaya Investasi Nia Bakery

No.

Jenis Investasi

Nilai Investasi (Rp)

1

Lahan dan Bangunan

197.000.000

2

Peralatan

30.000.000

3

Modal Kerja

2.400.000

 

Total

229.400.000

Sumber :Data Primer Setelah Diolag, 2021.

              Berdasarkan tabel 5, menunjukkan bahwa biaya investasi pada usaha pabrik Sagu dialokasikan ke lahan dan bangunan, peralatan dan modal kerja dengan nilai total investasi yaitu sebesar Rp. 229.400.000

b. Proses Produksi

Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. Proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Proses produksi dapat diartikan sebagai suatu cara, metode dan teknik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumberdaya yang ada.

Adapun flowchart proses produksi pembuatan Roti Nia Bakery sebagai berikut:

 

                                                                                          

 

Persiapan Bahan Baku

Pencampuran

 

 

 

 


                                                                                        

Pemanggangan

 

 

 


                                                                                          

Pengemasan

 

 

 

 


                                                                                        

 

Gambar 10.Proses Produksi Roti Nia Bakery

1.    Seluruh bahan baku seperti terigu, garam, gula, dan pengembang dicampur dalam satu wadah pengadukan /mixer

2.    Setelah bahan dicampurkan kemudian dilakukan proses pengadukan yang berlangsung selama 15-30 menit.

3.    Setelah adonan benar-benar lembut, adonan dicetak sesuai ukuran

4.    Setelah dicetak kemudian adonannya dibentuk menggunakan tangan

5.    Lalu adonan diisi sesuai rasa roti yang dibuat

6.    Kemudian adonan di masukkan kedalam ruang penguapan/pengembang selama 1-2 jam

7.    Setelah proses penguapan/pengembangan adonan dimassukkan kedalam oven selama 15 menit

8.    Setelah dioven, roti didiamkan selama beberapa menit hingga dingin.

9.    Selanjutnya roti dingin, kemudian roti dikemas kedalam plastic, dan siap dipasarkan.

c. Proses Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya indivudu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. Proses pemasaran merupakan kegiatan kelanjutan dari proses produksi. Kegiatan pemasaran bertujuan agar dana yang telah diinvestasikan dalam kegiatan produksi dapat diperoleh kembali dengan mendapatkan sejumlah dana dari hasil penjualan sebagai imbalan investasi yang dilakukan selama ini.

Proses produksi pada prinsipnya adalah suatu proses penyampaian produk dari produsen ke konsumen. Proses pemasaran merupakan kelanjutan dari proses produksi. Kegiatan ini bertujuan agar dana yang di investasikan dalam kegiatan produksi dapat diperoleh dengan mendapatkan sejumlah dana dari hasil penjualan sebagai imbalan dari  investasi yang telah dilakukan (Kotler, 2008).

1.  Strategi Produk

Setiap perusahaan di dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna dan daya pemuas serta daya tarik yang lebih besar. Strateginya adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memuaskan para konsumennya dan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang, melalui peningkatan penjualan dan peningkatan share pasar. Dalam strategi marketing mix, strategi produk merupakan unsure yang paling penting karena dapat mempengaruhi strategi pemasaran lain. Strategi produk yang dapat dilakukan mencakup keputusan tentang acuan/bauran produk (Product Mix), merk dagang (Brand), cara pembungkusan atau kemasan produk (Product Packaging), tigkat mutu/kualitas dari produk dan pelayanan (services) yang diberikan. Tujuan utama strategi produk adalah untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju dengan meningkatkan kemampuan bersaing atau mengatasi persaingan.

Pada hakikatnya, seseorang membeli produk bukan karena fisik produk itu semata-mata tapi karena manfaat yang ditimbulkan dari produk yang dibelinya.

2. Strategi Harga

Harga merupakan satu-satunya unsur marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan.Dalam penentuan baik untuk harga jual atau harga beli pihak bank harus berhati-hati. Sebab, kesalahan dalam penentuan harga akan menyebabkan kerugian bagi bank. Dalam menentukan harga harus dipertimbangkan berbagai hal, misalnya tujuan penentuan harga tersebut, hal ini disebabkan dengan diketahuinya tujuan penentuan harga tersebut menjadi mudah.

3. Strategi Penyaluran (Distribusi)

Dalam usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dibidang pemasaran.Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk ke tangan konsumen atau si pemakai pada waktu yang tepat.Yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga yang memasarkan produk berupa barang atau jasa dari produsen sampai ke konsumen.

Agen

Adapun proses pemasaran tepung saguyaitu :

Produk

Konsumen

Kios/toko

 

 

 

 


Gambar 12. Proses Pemasaran Nia Bakery

Berdasarkan alur dari proses pemasaran yang digunakan adalah setelah siap produk kemudia dipasarkan kebeberapa agen, konsumen,dan kios/toko”.

 

4.4.2. Analisis Kinerja Hasil

a. Analisis Produksi dan Pendapatan

Pada umumnya biaya yang dikeluarkan dalam setiap usaha terbagi dua yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya tetap (variable cost).Keberhasilan suatu perusahaan dinilai dari jumlah pendapatan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Pendapatan dalam pengertian umum adalah hasil produksi dalam bentuk materi dan dapat kembali digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan sarana dan prasaana produksi.Produksi adalah suatu kegiatan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang untuk memenuhi kebutuhan.Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mencapai kemakmuran.Kemakmuran dapat tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.

Pendapatan adalah penerimaan bersih seseorang, baik berupa uang kontan maupun natura.Pendapatan atau juga disebut juga income dari seorang warga masyarakat adalah hasil penjualannya dari actor-faktor produksi yang dimilikinya pada factor produksi.

1.    Biaya Tetap

Biaya Tetap adalah biaya yang jumlah totalnya akan sama dan tetap tidak berubah sedikitpun walaupun jumlah barang yang diproduksi dan di jual berubah-ubah dalam kapasitas normal. Biaya Tetap yang diamati pada Praktek Kerja Lapang (PKL) dapat dilihat pada Tabel 5.

Tabel 6.Biaya Tetap Usaha roti nia Bakery

No

Jenis Biaya

Nilai (Rp)

1.

Gaji Karyawan

4.000.000

2.

Abdomen Listrik

1.000.000

3.

Pemeliharaan alat

7.425.000

Total

10.925.000

Sumber :Data Primer Setelah Diolah, 2020.

Berdasarkan Tabel 6, diperoleh data bahwa total nilai biaya tetap pabrik Tepung sagu Cv. Podomor0 sebesar Rp 10.925.000per bulan. Biaya tetap tersebut terdiri dari gaji 2 orang karyawan Rp 4.000.000abdomen listrik Rp 1.000.000 dan biaya pemeliharaan 5 unit alat produksi sebesar Rp 7.425.000 Uraian biaya tetap tersebut akan digunakan untuk mengetahui jumlah pendapatan bersih yang diterima oleh pabrik.

2.    Biaya Variabel

            Biaya variabel atau variabel cost adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan yang berubah-ubah dan berpengaruh terhadap besar kecilnya jumlah produksi. Biaya variabel yang diamati pada Praktek Kerja Lapang (PKL) dapat dilihat pada Tabel 6.

Tabel 7. Biaya Variabel Tetap NIA BAKERY

No.

Jenis

Jumlah

Harga (Rp/st)

Nilai

(Rp/hari)

 

Nilai

(Rp/bulan)

 

1

Terigu

1 sak

8.000/kg

    1.250.000

20.000.000

2

BBM

15 liter

7.400/L

111.000

1.776.000

Jumlah

 

21.776.000

Sumber :Data Primer Setelah Diolah, 2020.

Berdasarkan Tabel 6, diperoleh data bahwa total nilai biaya variabel usaha  tetap usaha roti NIA BAKERY adalah sebesar Rp 21.776.000/Bulan.

 

1.Analisis Pendapatan

Tabel 9. Produksi dan Pendapatan Cv. Podomoro/Bulan

No

Uraian

Total

1.

Produksi

2000 bungkus

2.

Harga Produk

45.000

3.

Total Penerimaan (1×2)

90.000.000

4.

Biaya Tetap

10.925.000

5.

Biaya Variabel

21.776.000

6.

Total Biaya (4+5)

32.686.000

7.

Pendapatan (3-6)

57,314.000

8.

Pendapatan pertahun

687,768.000

9.

Total pedapatan pertahun

263,424.000

Sumber, Data Primer Setelah Diolah, 2020.

Berdasarkan Tabel 9, menunjukkan bahwa usaha ini dapat memproduksi 2000 bungkus dalam satu bulan dengan frekuensi produksinya sebanyak4 kali dalam seminggu. Sehingga pendapat pertahun sebesar Rp 687,768.000. Dimana total penerimaan yang diterima selama sebulansebesar  Rp57,314.000, sedangkan biaya tetap yaitu Rp 10.925.000 dan biaya variabel Rp 21.776.000, sehingga totol biaya yang di pakai sebesar Rp 32.686.000.

1. Kriteria Kelayakan Usaha

a. Analisis BEP (Break Event Point)

Analisis titik impas digunakan untuk menentukan besarnya volume penjualan dimana semua biaya telah tertutupi tanpa mengalami kerugian maupun keuntungan.

1. BEP dalam Unit

                        10,925.000

BEP =

            45.000­-21.776.000/2000    

           

            10,925.000

BEP =                          = 320

                        34,112

Artinya bahwa perusahaan harus memproduksi dan menjual Tepung sagu lebih besar dari 320/ bulan untuk memperoleh keuntungan.

2. BEP dalam rupiah

                    10,925.000

BEP =                            

                    21.776.000

               1-

            90.000.000

 

            10,925.000

BEP =

1 - 0,24

                

                            10,925.000

                 BEP =                         = 14,375.000

                                    0,76

Jadi perusahaan mendapat omset sebesar Rp 14,375.000,-/bulan untuk memperoleh keuntungan.

a. Analisis R/C-Ratio

R/C-Ratio adalah perbandingan antara pendapatan kotor dengan biaya.

                  Total penerimaan            90.000.000

R/C-Ratio = -----------------------  =  ---------------------- = 2,7

                  Total biaya                     Rp 32.686.000

 

Nilai R/C-Ratio =2,7 lebih besar dari 1 à Layak

Artinya setiap mengeluarkan biaya sebesar Rp 1, maka akan memperoleh penerimaan sebesar Rp 2,7.

c. Analisis PBP (Pay Back Period)

Analisis PBP adalah waktu yang diperlukan untuk dapat mengembalikan semua investasi yang telah dikeluarkan.

                 Nilai investasi                     Rp296.110.000

PBP = ---------------------------  =  ---------------------- =0,043... = 1

  Keuntungan per tahun          Rp 687,768.000

 

Artinya nilai investasi akan kembali pada tahun ke-1setelah  1 bulan usaha berjalan.

Apabila nilai PBP < umur ekonomis usaha (5 tahun) layak dijalankan

4.5. Peta Kinerja Agrosistem  Kasus

            Berikut peta kinerja agrosistem kasus pada usaha CV. Podomoro

                                                                 

Suply Bahan Baku

                                                                 

Proses Investasi

 


                                              1                 

Sumberdaya :

1.       Lahan dan Bangunan

2.       Peralatan

3.       Manusia

4.       Finansial

        2                                        5

                                15                              

Lingkungan Sosial

Proses Produksi

                      16                                                                       6

                                                                                               8                  7              

Proses Pengemasan

                                              12                

                  14                                            

Pasar Output

Proses Pemasaran

               10                             

                                                                                   11

               

Gambar 13.Peta kinerja agrosistem pada usaha roti NIA BAKERY.

Penjelasan :

1.      Proses investasi dialokasikan pada sumberdaya usaha roti NIA BAKERY

2.      Proses pengadaan bahan baku membutuhkan sumbedaya manusia dan sumberdaya finansial.

3.      Proses pensuplyanbahan baku diambil langsung dari toko/swalayan

4.      Selanjutnya dilakukan proses produksi yang dimulai dari penyaringan.

5.      Saat proses produksi membutuhkan sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan

6.      Setelah proses produksi, maka selanjutnya proses penimbangan sesuai ukuran kemasan.

7.      Saat proses penimbangan tahu membutuhkan sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan

8.      Setelah proses penimbangan sesuai ukuran kemasan masing-masing maka selanjutnya dilakukan proses pengemasan menggunakan mesin press.

9.      Saat proses pengemasan membutuhkan sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan

10.  Setelah proses pengemasan, maka selanjutnya dilakukan proses pemasaran

11.  Saat proses pemasaran membutuhkan sumberdaya manusia dan sumberdaya peralatan

 

12.  Produk yang dipasarkan, hasil dari kegiatan pemasaran

13.  Hasil dari proses pemasaran (berupa pendapatan) diolah kembali untuk proses investasi, dan

14.  Dari kegiatan ini dapat menimbulkan dampak yaitu perusahaan memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan atau mitra kerjasama dengan usaha – usaha lain, seperti warung makanan dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

V. PROBLEMATISASI

5.1. Analisis Masalah Pengembangan Agrosistem

Analisis masalah adalah kemampuan untuk mengenal elemen elemen situasi dalam permasalahan dan memahami komponen mana saja yang kritis; kemampuan untuk mengenal aktivitas kritis yang dilakukan – agar dapat mengurutkan (breakdown) proses proses aktivitas tersebut dalam beberapa komponen aktivitas.Analisis masalah dapat dilakukan untuk meneliti penyebab timbulnya masalah-masalah dan dampak yang dapat ditimbulkan oleh masalah-masalah tersebut serta dapat memberikan rangkaian hubungan sebab akibat yang ditunjukkan dalam suatu diagram.Suatu masalah tidak harus menuntut atau menimbulkan suatu penelitian tetapi penelitian dilakukan oleh karena adanya masalah. Jadi seseorang yang akan melakukan penelitian harus menentukan terlebih dulu apa masalahnya..

5.1.1. Identifikasi Masalah

Masalah adalah pertanyaan ilmiah yang akandicarisolusinya. Masalah dapat diungkapkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan.Masalah pertanyaan didefinisikan dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang jawabannya belum diketahui dan yang dikaji dalam penelitian yang kita kerjakan.Untuk mempermudah dapat pula digunakan pertanyaan yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak.

Identifikasi masalah merupakan proses menemucirikan bukti-bukti adanya masalah dengan memaparkan apa yang ideal dan faktualnya. Beranjak dari latar belakang yang telah dibahas tadi, peneliti mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan.

Masalah-masalah yang ditemukan dalam usaha pabrik pembuatan roti NIA BAKERY adalah sebagai berikut :

1.   Ruangan produksi yang sedikit sempit

Ruangan produksi yang sempit ini membutuhkan pelebaranruangan agar proses produksi berjalan secara efektiv dan efisien.

2.   Kurangnya jumlah karyawan

Dengan menambah jumlah karyawan itu akan dapat meningkatkan jumlah produksi dan otomatis akan meningkatkan jumlah pendapatan.

3.      Lokasi pabrik yang kurang strategis

Lokasi pabrik yang kurangstrategis ini menyebabkan produk roti NIA BAKERY kurang dikenal oleh masyarakat, namun karena bagunan pabrik roti , NIA BAKERY bersifat permanen karena milik pribadi jadi tidak memungkinkan untuk pemindahan pabrik, jad diberikan solusi untuk memsang spanduk dijalan pusat keramaian di Kota pinrang.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh pabrik roti, NIA BAKERYdapat didilihat pada Tabel 5 berikut ini :

Tabel 9.Identifikasi  Masalah yang Dihadapi Pabrik ROTI , NIA BAKERY

IdentifikasiMasalah

SD Lahan Dan Bangunan

SD Finansial

SD Manusia

SD Peralatan

Proses Pengadaanbahan Baku

Proses Produksi

Proses Pemasaran

Ruangan seadanya

 

 

 

 

 

 

Kurangnya karyawan

 

 

 

Lokasi kurangstrategis

 

 

 

 

 

 

Sumber :Data Primer Setelah Diolah, 2021

Berdasarkan tabel 9, menunjukkan bahwa dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi pada pabrik pembuatan roti NIA BAKERY berada pada sumberdaya lahan dan bangunan serta sumberdaya manusia, dimana identifikasi masalahnya berada pada ruangan produksi yang sedikit sempit itu menyebabkan produksi kurang efektif dan efisien, kemudian kurangnya jumlah karyawan, jika dilakukan penambahan karyawan maka prodduksi akan meningkat dan otomatis pendapatanpun meningkat dan juga permasalahan lokasi yang kurang strategis yang menyebabkan produk roti Nia Bakery kurang dikenal orang itulah diusulkan untuk membuat spanduk dan memsang dijalan pusat keramaian yang tersebar di Kota Pinrang.

Tabel 10.Daftar Fakta, Masalah dan Sasaran NIA BAKERY.

No

Fakta

Masalah

Sasaran

1

Ruangan seadanya dan sedikit sepit

Proses produksi yang kurang efektif dan efisien

Pelebaran ruang produksi

2

Karyawan produksi hanya 3 orang

Kurangnya tenaga kerja

Penambahan jumlah karyawan

3

Lokasiyang kurang strategis

Kurang dikenall masyarakat

Penyebaran spanduk di jalan pusat keramaian yang tersebar di Kota pINRANG

Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

Berdasarkan tabel 10, menunjukkan bahwa beberapa fakta dan sasaran NIA BAKERY dapat dilihat dari dengan ruangan seadannya yangsedikit sempit sehingga menimbulkan masalah proses produksi yang kurang efektif dan efisien, kemudian disusul dengan jumlah karyawan produksi hanya 2 orang sehingga kurangnya tenaga kerja dan lokasi pabrik yang kurang strategis sehingga menimbulkan masalah produk kurang dikenal oleh masyarakat.

5.1.2. Penentuan Masalah Utama

Penentuan masalah dapat kita ambil di antara salah satu masalah yang ada dan kemudian ditentukan sebagai masalah utama.Untuk  menentukan masalah utama, tentunya harus menganalisis semua masalah yang terdapat disetiap bagian-bagian yang ada dalam pabrik pembuatan roti NIA BAKERY ruang produksi yang sempit menyebabkanproses produksi tidak berjalan secara efektifdan efisien.

5.1.3. Struktur Pohon Masalah

Usaha tidak berkembang bahkan fatalnya usaha mengalami penurunan

 

Akibat

Ruangan produksi yang sedikit sempit

Sebab

 

Kurangnya jumlah karyawan

Lokasi yang kurang strategis

 

 

 

 


Gambar 14.Struktur Pohon Masalah Pabrik Pembuatan Roti NIA BAKERY

Keterangan :

=   Masalah Utama

=   Masalah Akibat

=   Masalah Antara

5.2. Analisis Sasaran Pengembangan Agrosistem

Analisis alternatif adalah suatu usaha untuk melihat berbagai kemungkinan pilihan hubungan tindakan hasil (rangkaian tujuan) dari analisis sasaran yang mengarah pada suatu keadaan tertentu yang diinginkan. Analisis alternatif  digunakan untuk menilai masing-masing alternatif untuk mengembangkan suatu proyek.Analisis alternatif ini pada akhirnya mengarah pada salah satu rangkaian tujuan.

5.2.1. Penetapan Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga bisa tercapai secara efektif dan efisien

Berdasarkan analisis masalah yang telah disebutkan sebelumnya diataslangkah selanjutnya adalah menetapkan sasaran yang perlu dicapai sehubungan dengan masalah yang dihadapi perusahaan adalah sebagai berikut:

1.      Ruangan produksi yang besardan nyaman

Dengan ruangan produksi yang besar dan nyaman maka proses produksi akan berjalan secara efektif dan efisien.

2.      Menambah jumlah karyawan

Menambah jumlah karyawan dengan ini akan peningkatan produksi dan juga otomatis pendapatanpun akan ikut meningkat.

3. Pemasnagan spanduk dilakukan

Dengan memasang spanduk dijalan pusat keramaian maka akan banyak orang yang mengenal produk NIA BAKERY.

5.2.2. Penentuan Sasaran Utama

Sasaran utama adalah sasaran yang menjadi skala prioritas. Sasaran utama berasal dari kata dasar sasaran, sasaran utama pada usaha roti NIA BAKERY yaitu pemilik harus memperluas bangunan untuk ruang produksi agak karyawan bekerja dengan nyaman sehingga menggunakan waktu secara efektif dan efisien maka otomatis proses produksi dapat berjalan dengan lancar juga.

5.2.3. Struktur Pohon Sasaran

Strukturisasi sasaran merupakan suatu diagram yang hampir samadengan strukturisasi masalah. Jika dalam strukturisasi masalah yang dimasukkan dalam struktur pohon masalah adalah masalah yang berindikasi negatif, maka sebaliknya yang dimasukkan dalam struktur pohon sasaran adalah sasaran (sesuatu yang  ingindicapai) dan berindikasi positif.

Usaha berkembang dan pendapatan meningkat

 

Akibat

Ruangan nyaman

Sebab

 

Jumlah karyawan meningkat

Lokasi sudah banyak diketahui orang

 

 

 

 


Gambar 14.Struktur Pohon Sasaran Pabrik Pembuatan roti  NIA BAKERY

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               VI. DESAIN TINDAKAN

6.1. Analisis Alternatif Tindakan Pengembangan Agrosistem

Analisis alternatif adalah suatu usaha untuk melihat beberapa kemungkinan pilihan (alternatif) hubungan tindakan hasil rangkaian tujuan dan analisis sasaran yang mengarah pada suatu tujuan (keadaan) tertentu yang diinginkan.Pengembangan alternatif kecenderungan untuk menerima alternatif keputusan pertama yang feasible sering menghindarkan manajer dari pencapaian penyelesaian yang terbaik untuk masalah manajer.Pengembangan sejumlah alternatif memungkinkan manajer menolak kecenderunganuntuk membuat keputusan terlalu cepat dan membuat keputusan yang efektifhasil yang diperoleh dari evaluasi setiap alternatif yang bersedia terhadapa kreiteria-kriteria yang ditetapkan.

Alternatif Pengambilan keputusan mempunyai peranan penting dalam manajemen karena keputusan yang diambil oleh manajer merupakan keputusan akhir yang harus dilaksanakan dalam organisasi-nya atau bisnis yang dijalankannya.Keputusan manajer sangat penting karena menyangkut semua aspek. Kesalahan dalam mengambil keputusan bisa merugikan organisasi, mulai dari merusak nama baik organisasi atau perusahaan sampai pada kerugian uang. Maka oleh sebab itu manajer harus berhati – hati dalam mengambil keputusan.

6.1.1. Alternatif Tindakan

Analisis alternatif adalah suatu usaha untuk melihat berbagai kemungkinan pilihan hubungan tindakan hasil (rangkaian tujuan) dari analisis sasaran yang mengarah pada suatu keadaan tertentu yang diinginkan. Analisis alternatif digunakan untuk menilai masing-masing alternatif untuk mengembangkan suatu proyek. Analisis alternatif ini pada akhirnya mengarah pada salah satu rangkaian tujuan..

Alternatif tindakan dilakukan agar sasaran dapat tercapai. Selanjutnya akan dipilih alternatif yang paling baik memenuhi sasaran dengan resiko yang paling kecil dan dapat diterima melalui proses analisis keputusan untuk menentukan alternatif terpilih dan analisis persoalan potensial untuk menentukan proses pelaksanaan setelah menemukan berbagai sasaran. Setelah melalui evaluasi, maka tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai sasaran antara agar sampai pada sasaran utama “ Rungan nyaman” adalah :

1.    Untuk mencapai sasaran antara : meningkatkan jumlah tenaga kerja maka alternatif tindakan yang dilakukan adalah merekrut tenaga kerja dengan syarat-syarat tertentu sehingga kinerja yang sesuai dengan keahlian.

2.    Untuk mencapai sasaran antara : memberikan solusi terbaik untuk lokasi yang kurang strategis dengan alternative yang dapat digunakan yaitu memasang iklan spanduk dijalan.

 

 

 

 

 

 

 

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut :

Usaha berkembang dan pendapatan meningkat

 

Akibat

Ruangan nyaman

Sebab

 

Penambahan jumlah karyawan dengan melihat skill

 

Menyewa ruko dipusat kota pinrang

Jumlah karyawan meningkat

Lokasi sudah banyak diketahui orang

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 14. Struktur Pohon Sasaran Antara Pabrik Pembuatan Roti, NIA BAKERY

Keterangan :

=   Sasaran Utama

=   Sasaran Dampak

=   Sasaran Antara

               =   Alternatif Tindakan

6.1.2. Analisis Keputusan

Analisis keputusan adalah pola berpikir sistematis dalam pengambilan keputusan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang harus dilakukan, pengembangan kriteria khusus untuk mencapai tujuan, mengevaluasi alternatif tindakan yang tersedia yang berhubungan dengan kriteria dan mengidentifikasi kemungkinan resiko yang melekat pada suatu keputusan tersebut..

a.       Analisis keputusan untuk tindakan “Lokasi yang kurang strategis”.

Pernyataan keputusan : “Mamasang iklan”

Kriteria keputusan      :                                                                                   Bobot

K1       : Mudah ditahui masyarakat                                                                0,50

K2       : Luas cakupan pemasaran                                                                  0,50

                                                                                                                        1,00

Bobotnya sama karena kedua criteria keputusan akan berdampak positif saat memasang iklan.

Alternatif keputusan :                                                                                     Bobot

A1       : Memasang spanduk                                                                          0,80

A2       : Menyewa ruko                                                                                  0,20

                                                                                                                        1,00

Bobot kreterianya berbeda karena memasang spanduk memang jauh lebih mengurangi pengeluaran pabrik.

Tabel 13. Analisis Keputusan Usaha ROTI NIA BAKERY

Tindakan

Pernyataan Keputusan

Kriteria Keputusan

Alternatif Keputusan

Mamasang iklan

Membuat spanduk

Mudah dikenak masyarakat Bobot (0,50)

Luas cakupan pemasaran Bobot (0,50)

(A1)

Memasang spanduk

Bobot (0,80)

(A2)

Menyewa ruko Bobot(0,20)

Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

            Berdasarkan tabel 7, menunjukkan bahwa analisis keputusan usaha pabrik pembuatan roti ,NIA BAKERY mengambil tindakan perluasan bangunan ruangan produksi dimana tindakan alternative dalam menentukan keputusan 1 (memasang spanduk, bobot 0,80) lebih dipilih dibandingkan tindakan alternative 2 (menyewa ruko, bobot 0,20), ini berdasarkan bobotnya lebih tinggi.

Tabel 14. Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha roti ,Nia bakery

Keputusan

Alternatif

K1

0,80

K2

0,20

Jumlah

A1 (0,50)

0,4

0,1

0,5

A2 (0,50)

0,4

0,1

0,5

Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

          Berdasarkan evaluasi alternatif terhadap kriteria diatas maka dapat diketahui bahwa A1 dengan total 0,5 sama dengan A2 dengan total 0,5. Dua duanya  menjadi alternatif terpilih yaitu agar membenahi masalah lokasi yang kurang strategis .

b.      Analisis keputusan untuk tindakan “Menambah jumlah karyawan”

Pernyataan keputusan : “Melakukan prekrutan karyawan”

Kriteria keputusan      :                                                                                   Bobot

K1       : Produksi meningkat                                                                          0,50

K2       : Pendapatan meningkat                                                                      0,50

                                                                                                                        1,00

Bobotnya sama karena apabila apabila produksi mengalami peningkatan maka otomatis pendapatan pabrik pun akan mengalami peningkatan.

Alternatif keputusan :                                                                                     Bobot

A1       : Skill                                                                                                   1,00

A2       : Tanpa skill                                                                                         0,00

                                                                                                                        1,00

Bobot kreterianya berbeda karena memang dalam perekrutan karyawan NIA BAKERY memang harus memiliki skill.

Tabel 15. Analisis Keputusan Usaha roti NIA BAKERY

Tindakan

Pernyataan Keputusan

Kriteria Keputusan

Alternatif Keputusan

Menentukan syarat perekrutan

Menentukan syarat yang

Produksi meningkat Bobot (0,50)

Pendapatan meningkat Bobot (0,50)

(A1)

Skill Bobot (1,00)

(A2)

Tanpa skill Bobot (0,00)

Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

            Berdasarkan tabel 9, menunjukkan bahwa analisis keputusan dalam proses perekrutan karyawan lebih memilih alternative pertama dibandingkan dengan alternative kedua, dikarenakan tenaga kerja yang memiliki skill memang dibutuhkan..

Tabel 16. Evaluasi Alternatif (Matriks Penilaian) Usaha roti NIA BAKERY

Keputusan

Alternatif

K1

0,50

K2

0,50

Jumlah

A1 (1,00)

0,5

0,5

1,00

A2 (0,00)

0,0

0,0

0,00

Sumber :Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

          Berdasarkan evaluasi alternatif terhadap kriteria diatas maka dapat diketahui bahwa A1 dengan total 1,00 sedangkan A2 dengan total 0,00. Maka alternatif terpilih yaitu merekrut karyawan yang memiliki skill.

6.1.3. Tindakan Terpilih

Tindakan terpilih merupakan keputusan akhir yang dipilihdari beberapa alternatif keputusan yang telah ditetapkan sebelumnya.Tindakan terpilih diperoleh melalui penentuan skor terhadap alternatif-alternatif keputusan.Keputusan tindakan terpilih ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam pengembangan usaha.Alternatif tindakan terpilih tersebut antara lain:

1.      Memasang iklan dispanduk kemudian disebar keberbagai jalan pusat keramaian di Kota pinrang.

2.      Merekrut tenaga kerja yang memiliki skill agar produksi dapat meningkat dan dengan otomatis pendapatanpun akan mengalami peningkatan.

6.2. Matriks Perencanaan Dan Pengembangan Agrosistem

Matriks perencanaan proyek pengembangan usaha adalah alat untuk mengembangkan rancangan proyek.Matriks perencanaan ini menggambarkan bagaimana tindakan yang akandilakukan untuk memenuhi sasaran antara dan sasaran utama serta sarana dan biaya yang dilakukan untuk mewujudkan tindakan tersebut.

Matriks ini membahas mengenai empat hal, yaitu dampak/konsekuensi dari sasaran utama, sasaran antara dan tindakan yang dibagi 3yaitu: uraian, tujuan sesuai tingkatan, ukuran tercapainya tujuan dan system informasi pengendalian.

Tabel 17. Matriks Perancangan dan Pengembangan Usaha roti,NIA BAKERY

Uraian Tujuan Sesuai Tingkatan

Ukuran Tercapainya Tujuan

Sistem Informasi Pengendalian

Dampak :

Usaha Mengalami Peningkatan

Meningkatkan pendapatan pada pabrik.

Pengamat

Sasaran Utama :

Perluasan Ruangan Produksi

Pekerja yang bekerjadengan rungan yang nyaman akan berdampak positf bagi hasil produksi

Pengamat

Sasaran Antara :

1.      Kurangnya jumlah karyawan

Dengan menambah jumlah karyawan atau rekrutmen akan mempunyai kinerja yang baik yang akan memberikan dampak terhadap hasil produksi

Pengamat

2.      Lokasi kurang strategis

Dengan memasang iklan NIA BAKERY akan dikenal oleh banyak orang dan ini akan sangan berdampak baik bagi peningatan pendapatan

Pengamat

Sumber : Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

Berdasarkan tabel 11, menujukkan bahwa matriks perancangan usaha roti NIA BAKERY memiliki tujuan dalam mengembangkan usaha dengan sasaran perluasan ruang produksi, sehingga masalah yang ada pada usaha ini dapat terselesaikan dan kemudian NIA BAKERY akan mengalami perkembangan dan meningkatkan pendapatan

Tabel 18. Matriks Tindakan Usaha roti Nia BAKERY

Tindakan

Sarana yang Diperlukan

Biaya

Melakukan pengrekrutan terhadap karyawan yang mamiliki skill

1.      Pelamar kerja

2.      Kertas

Rp 20.000

Memasang spanduk keberbagaijalan pusat keramaian Di Kota pinrang

Spanduk

Rp 5.000.000

Sumber : Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

Berdasarkan tabel diatas diperoleh data bahwa matriks perancangan dan pengembangan pada usaha roti NIA BAKERY yaitu pada bagian sasaran dampak pendapatan meningkat.Ukuran tercapainya yaitu bila pendapatan yang diterima lebih besar dari pendapatan yang sebelumnya.

            Adapun system pengendaliannya berdasarkan pengamatan.Tenaga kerja yang produktif sebagai sasaran utama dalam pengembangan usaha.Hal ini jelas harus didukung oleh sasaran antara yang diwujudkan dari tindakan-tindakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengendalian tiap-tiap tindakan.Ukuran tercapainya sasaran utama ini apabila tenaga kerja lebih produktif.

            Sasaran antara adalah yang pertama jumlah karyawan meningkat yaitu meningkatkan jumlah produksi dan sasaranantarayang dua yaitu penyimpanan bahan baku yang dekat dengan tempat produksi.

Untuk tindakan pertamamenentukan syarat perekrutan dengan melakukan test wawancara dan test tertulis dan harga kertas sebesar Rp.20.000 dan untuk tindakan selanjutnyaproses pemindahan tempat bahan baku biaya Rp.5.000.000.

6.3. Rencana Kerja Tindakan

Rencana kerja adalah serangkaian tujuan dan proses yang bisa membantu tim dan/atau seseorang mencapai tujuan tersebut. Dengan membaca rencana kerja, Anda bisa memahami skala sebuah proyek dengan lebih baik. Ketika digunakan di dunia kerja maupun akademik,  rencana kerja membantu anda mengerjakan proyek dengan teratur.

Rencana kerja proyek adalah suatu usaha untuk menyusun kegiatan proyek yang dapat memberikan suatu ringkasan mengenai pelaksanaan rencana kegiatan agar perusahaan dapat berkembang dengan pesat, yang didalamnya meliputi penanggungjawab dari masing-masing tindakan yang akan dilakukan, kegiatan serta penjadwalan kegiatan.

Tabel 19.Rencana Kerja Tindakan Pengembangan Agrosistem di Usaha ROTI NIA BAKERY

 

 

 

Tindakan

Penaggung jawab

Hasil kegiatan

Bulan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

Menetapkan syarat dalam merekrut karyawan

Pemilik usaha

Memiliki cukup karyawan dengan skill yang mumpuni

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memasang iklan

Bagian pemasaran

Usaha makin banyak dikenal masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Analisis Data Primer Setelah Diolah, 2021.

Berdasarkan Tabel 13, menunjukan bahwa rencana kerja tindakan pengembangan agrosistem dalam menambah pendapatan agar perusahaan memiliki keuntungan dilakukan pada bulan 1. Hal ini karena Usaha ROTI  NIA BAKERY memerlukan penambahan karyawan yang memiliki skill yang mumpuni.Pemasangan iklan juga dilakukan karena melihat lokasi NIA BAKERY yangkurang strategis menyebabkan NIA BAKERY kurang banyak diketahui masyarakat..

 

 

 

 

 

 

 

VII. REFLEKSI

7.1. Aspek Pengetahuan

            Dari hasil pembelajaran dan menganalisi Usaha ROTI NIA BAKERY kami para peneliti mendapatkan banyak pembelajaran baru dalam meulai usaha dan mengembangkan usaha. Pelajaran yang dapat dari usaha ini, yaitu sebagai berikut:

2.       Jika ingin memulai suatu usaha harus dengan niat yang kuat serta konsisten, barulahyang lain-lainnya seperti modal dll.

3.       Memperluas cakupan pasar dan membangun mitra bisnis sangat penting agar usaha dapat pengalami peningkatan.

7.2. Aspek Keterampilan

            Dengan adanya kegiatan penelitian  ini  mengenai analisis perancangan dan pengembangan agrosistem, maka kami sebagai peneliti dapat mengidentifkasi serta menganalisa berbagai aspek – aspek dalam perusahaan secara structural yang dimulai dari tahap pengadaan bahan baku sampai proses pemasaran. Kemudian kami dapat menganalisis serta memecahkan terhadap masalah yang ada.

7.3. Aspek Sikap

            Dalam kegiatan praktek lapang ini, untuk dapat memperoleh informasi serta pengalaman hal yang kami lakukan adalah dengan cara melakukan pendekatan dengan pemilik usaha, seperti memberikan kesan santun, ramah dan santai dalam bersikap guna lancarnya proses kerjasama dalam kegiatan praktek lapang ini.

DAFTAR PUSTAKA

Bambang Riyanto, 1995.Jurnal pembuatan dan usaha sagu. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.

https://berbagitugass. blogspot.co.id, 2017, 03,Pembangunan pertanian dengan merusahatani sagu.

Abdul G.T., Dwidjono H.D, Jangkung H.M dan Jamhari, 2010. Dalam Jurnalnya “Analisis Efisiensi Produksi Sistem Usahatani sagu di Sulawesi SelatanBalai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan. Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, SEKIP, Yogyakarta.

Ahmadi, 2001.Ilmu Sosial Dasar.Jakarta.PT. Rineka Cipta.

Ari Darmawan. 2012. Modul 8, Analisis Biaya Produksi. Universitas Brawijaya. Malang.

DamardjatiD.S, Marwoto, D.K.S. Swastika, D.M. Arsyad, danY.Hilman.2005. Prospek danArahPengembangan Agribisnissagu.Badan LitbangPertanian, DepartemenPertanian. Jakarta.

Damsar, 2009Pengantar Sosiologi Ekonomi, Jakarta: Prenada Media Group Hal. 67.

Dina Amaila, 2017. Pengertian Faktor dan Proses Produksi.https://www.jurnal.id/id/blog.Diakses pada 31 Mei 2020.

Halim, Abdul, 2003. Analisis Investasi, Salemba Empat, Jakarta.

,2005. AnalisisInvestasi.Jakarta: SalembaEmpat.

Harahap Sofyan,2008.Teori AkuntansiJakarta: Kencana Prenada MediaGroup. Hal. 15.

Hidayat,2009.Hidayat,N.2009.saguhttp://lecture.brawijaya.ac.id/nurhidayat/?p=73.Diakses pada 29 Mei 2020.

Mankiw N,Gregory, dkk. 2011, Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: Salemba Empat.

Nuga, 2018. Artikel, Investasi Bagi Dunia Usaha. www.Astaga.com/usaha/ Investasi-bagi-dunia-usaha. Diakses pada 30 Mei 2020.

Nugroho J. Setiadi, 2008. Business Economics And Managerial Decision Making. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Hal. 115.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMENTASI

 

No comments